Text
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK MELALUI ENGLISH CLASS PROGRAM (ECP) DI SEKOLAH DASAR ISLAM AL-MUNAWWARAH PAMEKASAN
Annur Baiti Hasanah, 2018, Upaya Meningkatkan Motivasi Berprestasi Peserta Didik Melalui English Class Program di Sekolah Dasar Islam Al-Munawwarah, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, STAIN Pamekasan, Pembimbing : Dr. Mohammad Thoha, M. Pd. I.
Kata Kunci : Motivasi Berpestasi, English Class Program
Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan. Kebutuhan terhadap pendidikan dapat dirasakan dalam segala aspek kehidupan manusia. Peserta didik merupakan subyek yang sangat penting dalam dunia pendidikan, karena yang menjadi input, proses, dan output pendidikan ialah peserta didik. Peserta didik akan menjadi output yang baik jika mampu meraih prestasi yang baik. Menurut Straub yang dikutip oleh Firmansyah, prestasi = belajar + motivasi. Untuk meraih keberhasilan, peserta didik memerlukan motivasi yang tinggi, sehingga dapat mendorong peserta didik berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mencapai prestasi. Untuk meningkatkan motivasi prestasi tersebut, banyak cara yang dapat ditempuh. English Class Program (ECP) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi berprestasi peserta didik.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Apa yang mendasari terbentuknya English Class Program (ECP) di SDI Al-Munawwarah; kedua, Bagaimana implementasi kegiatan English Class Program (ECP) dalam meningkatkan motivasi berprestasi peserta didik di SDI Al-Munawwarah; ketiga, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam upaya meningkatkan motivasi berprestasi peserta didik melalui English Class Program di SDI Al-Munawwarah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti, seperti kepala sekolah dan guru kelas ECP. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui peningkatan ketekekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, dasar didirikannya English Class Program di SDI Al-Munawwarah ialah dikarenakan SDI Al-Munawwarah merupakan sekolah dasar berstatus swasta yang harus memiliki nilai tambah untuk menjadikan sekolah yang lebih unggul dan berbeda dari sekolah lain sehingga menarik minat masyarakat agar memasukkan anaknya ke SDI Al-Munawwarah. Kedua, implementasi kegiatan ECP di SDI Al-Munawwarah ialah dengan menggunakan dua kurikulum nasional, KTSP dan K13. Terdapat lima pelajaran pokok yang full berbahasa Inggris baik dalam teori maupun instruksi, yaitu Math, English, Science, Civic, dan Social. Sedangkan pelajaran lain hanya menggunakan bahasa Inggris di pengantar dan instruksi, dan pelajaran bahasa selain bahasa Inggris, menggunakan bahasa asli, seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Madura, dan Bahasa Arab. Dan di kelas ECP menggunakan dua guru dalam satu kelas.
Ketiga, faktor pendukung dalam upaya meningkatkan motivasi berprestasi peserta didik melalui ECP ialah: adanya SDM yang memadai dan berkualitas, adanya sarana dan prasarana yang memadai, dan hubungan kerjasama yang baik antara guru, orangtua, dan peserta didik yang saling bersinergi. Sedangkan faktor penghambatnya ialah besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk melaksanakan program ECP yang disebabkan oleh mahalnya buku pelajaran untuk kelas ECP. Sedangkan tindak lanjut dari adanya faktor penghambat tersebut ialah SDI Al-Munawwarah membuat dan menerbitkan buku sendiri untuk kelas ECP dan yang membuat ialah guru kelas ECP.
Tidak tersedia versi lain