Text
PENGARUH MOTIVASI DAN KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN TERHADAP EFEKTIFITAS LAYANAN SISWA DI MA NASYRUL ULUM BAGANDAN PAMEKASAN
Khoyrul Abror 2018, Pengaruh Motivasi Dan Kinerja Tenaga Kependidikan Terhadap Efektivitas Layanan Siswa di MA NASYRUL ULUM Bagandan Pamekasan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Dosen Pembimbing: Dr. R. Agoes Kamaroellah M.Si.
Kata Kunci: Motivasi, Kinerja Tenaga Kependidikan dan Layanan Siswa
Dalam mendidik dan melayani siswa, motivasi sangat di perlukan untuk memberikan semangat kepada siswa. Motivasi merupakan suatu proses psikologis yang mencerminkan interaksi, sikap, kebutuhan, persepsi, dan keputusan yang terjadi pada diri seseorang. Motivasi sangat penting dalam menunjang keberhasilan pencapaian tujuan organisasi. Selain motivasi, ada juga kinerja pendidik atau guru yang dapat mempengaruhi efektifitas dalam layanan siswa. Adapun rumusan masalahnya adalah: 1) Adakah pengaruh motivasi tenaga kependidikan terhadap layanan siswa di MA Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan, 2) Adakah pengaruh kinerja tenaga kependidikan terhadap layanan siswa di MA Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan, 3) Seberapa besar pengaruh motivasi, kinerja terhadap efektifitas layanan siswa di MA Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan.
Secara metodologis, peneliti ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan peneliti merupakan subyek utama dalam penelitian ini, sedangkan teknik pengumpulan data-data dalam penelitian ini yaitu angket, observasi dan dokumentasi, sumber data dalam penelitian ini adalah tenaga kependidikan.
Berdasarkan data-data hasil penelitian tentang pengaruh dari motivasi dan kinerja tenaga kependidikan terhadap efektivitas layanan siswa di MA Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan. Kolerasi tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis. Berdasarkan tabel hasil interprestasi nilai “r” diatas dapat diketahuibahwa nilai “r” kerja sebesar -0.00910726864 terdapat pada nilai interpreastasi nilai “r” akan tetapi sangat rendah. Dalam penelitian yang saya ajukan ini, ada pengaruh motivasi dan kinerja tenaga kependidikan terhadap efektivitas layanan siswa di MA Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan akan tetapi pengaruhnya sangat rendah. Hal ini dibuktikan dengan nilai “r” kerja -0.00910726864 dikarenakan adanya pengaruh motivasi yang di berikan oleh lembaga terhadap kinerja tenaga kependidikannya kurang disiplin dan sebagian tenaga kependidikannya sering tidak masuk. Berdasarkan motivasi yang diberikan mereka tidak mematuhi perintah secara sempurna karena guru dan siswa dilembaga tersebut kebanyakan berada dalam yayasan pesantren, sehingga motivasi yang diberikan lembaga tersebut kurang mematuhi karena sudah terikat dalam pesantren tersebut.
Tidak tersedia versi lain