Text
PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI PEMIMPIN DALAM MENGEMBANGKAN KURIKULUM MUATAN LOKAL DI MAN 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Mashudiyanto, 2018, Peran Kepala Madrasah Sebagai Pemimpin Dalam Mengembangkan Kurikulum Muatan Lokal di MAN 1 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. Abd. Mukhid, M.Pd.
Kata Kunci : Kepala Madrasah, Pemimpin, Kurikulum Muatan Lokal
Kurikulum muatan lokal merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan program pendidikan yang isi dan media penyampaiannya dikaitkan dengan lingkungan alam, lingkungan sosial, serta lingkungan budaya dan kebutuhan daerah itu. Namun, dalam penentuan kesuksesan atau tidaknya penerapan kurikulum muatan lokal ini, tidak terlepas dari peran kepala madrasah/sekolah sebagai pemegang kebijakan yang dikarenakan status profesi atau posisinya dapat membuat keputusan-keputusan spesifik mengenai kurikulum untuk disusun dan diimplementasikan dalam madrasah/sekolah-sekolah tertentu.
Tujuan utama yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah mengetahui peran kepala madrasah sebagai pemimpin dalam mengembangkan kurikulum muatan lokal. Dengan kajian pokok yaitu: pertama, bagaimana peran kepala madrasah sebagai pemimpin dalam mengembangkan kurikulum muatan lokal di MAN 1 Pamekasan, kedua, apa saja faktor pendukung dan kendala kepala madrasah dalam mengembangkan kurikulum muatan lokal di MAN 1 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun informasi dalam penelitian ini adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti, seperti kepala madrasah, waka kurikulum, dan guru muatan lokal di MAN 1 Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui peningkatan ketekunan dan tringulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, kurikulum muatan lokal di MAN 1 Pamekasan cukup baik, itu dapat dilihat dari program pengembangan kurikulum muatan lokal itu sendiri. Kedua, peran kepala madrasah sebagai pemimpin dalam mengembangkan kurikulum muatan lokal di MAN 1 Pamekasan, meliputi: sebagai intruktif, kepala madrasah bertindak sebagai pemberi intruksi kepada waka kurikulum atau dewan guru terkait segala sesuatu yang berkaitan dengan kurikulum, sebagai konsultatif, kepala madrasah bertindak sebagai seorang konsultan ketika ada masalah dan kesulitan yang terjadi dalam proses perkembangan kurikulum muatan lokal, sebagai partisipatif, kepala madrasah ikut serta dalam program atau kurikulum muatan lokal, sebagai delegasi, kepala madrasah memberikan pelimpahan wewenang, membuat dan menerapkan keputusan, baik melalui persetujuan atau tanpa persetujuan dari pemimpin, sebagai pengendalian, kepala madrasah harus mengadakan kegiatan bimbingan, pengarahan, koordinasi, dan pengawasan.
Tidak tersedia versi lain