Text
METODE PEMBELAJARAN FIQIH DALAM MATERI SHALAT BAGI SISWA DI MADRASAH DINIYAH MUBALLIGHIN/ TANJUNG PADEMAWU PAMEKASAN
ABSTRAK
Annisatul Mabruroh, 2018, Metode Pembelajaran Fiqih Dalam Materi Shalat Bagi Siswa Di Madrasah Diniyah Muballighin 1 Tanjung Pademawu Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI Jurusan Tarbaiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Drs. H. Zainol Hasan, M.Ag
Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Ibadah Shalat
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya ibadah shalat bagi umat islam. Shalat adalah tiang agama, shalat juga merupakan komponen penting dalam kehidupan yang tidak dapat disepelekan dari segi pelaksanaannya baik itu dari segi teori, bacaan, maupun gerakan. Oleh karena itu, bimbingan terkait dengan ibadah shalat harus diperhatikan dan ditingkatkan lagi. Karena, shalat dapat dinilai apabila memenuhi semua syarat dan rukun-rukunnya yang telah ditetapkan. Dalam hal inilah yang menjadi tanggung jawab guru melatih dan membimbing siswa menjadi lebih baik, Salah satunya dengan mensiasati metode pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran materi shalat.
Dalam penelitian ini, ada tiga fokus yang penulis teliti, yaitu: pertama, bagaimana metode pembelajaran fiqih dalam materi shalat bagi siswa di madrasah diniyah muballighin 1 tanjung pademawu pamekasan; kedua, apa saja faktor pendukung metode pembelajaran fiqih dalam materi shalat bagi siswa di madrasah diniyah muballighin 1 tanjung pademawu pamekasan; ketiga, apa saja faktor penghambat metode pembelajaran fiqih dalam materi shalat bagi siswa di madrasah diniyah muballighin 1 tanjung pademawu pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informannya adalah kepala madrasah, guru fiqih, dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan teman sejawat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Metode pembelajaran fiqih dalam materi shalat bagi siswa di Madrasah Diniyah Muballighin 1 Tanjung Pademawu Pamekasan adalah: guru menggunakan beberapa metode pembelajaran. Dengan melihat keadaan dan situasi yang ada di Madrasah, Metode yang dipakai adalah, metode ceramah, metode tanya jawab, metode praktek, metode demonstrasi, metode drill, metode pengelompokan. Kedua, Faktok pendukung metode pembalajaran fiqih dalam materi shalat bagi siswa di Madrasah Diniyah Muballighin 1 Tanjung Pademawu Pamekasan adalah: 1). Tempat shalat (Mushalla/Masjid), 2). Bahan pembelajaran/ materi pembelajaran, 3). Kesiapan dan kemampuan guru dalam menyampaikan materi, 4). Pelaksanaan shalat ashar berjemaah setiap harinya yang dilakukan guru dan siswa yang secara bergantian, 5). Orang tua. Ketiga, Faktor penghambat metode pembalajaran fiqih dalam materi shalat bagi siswa di Madrasah Diniyah Muballighin 1 Tanjung Pademawu Pamekasan adalah: beragam hambatan mulai dari, 1). Fasilitas Madrasah, tidak ada alat dan media pembelajaran, 2). Perbedaan kemampuan anak didik, serta usia anak didik masih dini. 3). Lingkungan fisik Madrasah Diniyah berada dipinggir jalan sehingga terlalu bising menganggu konsentrasi siswa yang sedang belajar.
Tidak tersedia versi lain