Text
PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MAN 2 PAMEKASAN
Nurhalima Dewitawati, 2018, berjudul Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Fiqih di Man 2 Pamekasan Skripsi, Program Studi PAI, JurusanTarbiyah, Pembimbing : Drs. H, Zainol Hasan, M. Ag
Kata Kunci: Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Fiqih di Ma.
Metode demonstrasi merupakan salah satu komponen pendidikan yag sangat penting peranannya dalam menentukan keberhasilan sutau pendidikan. Oleh karena itu seorang guru diharapkan dapat memilih metode yang tepat, sehingga metode-metode tersebut dapat berfungsi secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Penggunaan metode demonstrasi sebagai salah satu metode mengajar dengan menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaiman melakukan sesuatu dengan jalan mendemonstrasikannya terlebih dahulu kepada siswa, dapat menghilangkan verbalisme sehingga siswa akan semakin memahami materi. Agar materi dapt berjalan dengan efektif dan efisien, maka materi yang akan didemontrasikan perlu ditindak lanjuti oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari maupun dengan latihan yang kontinyu sehingga siswa tidak lupa.
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu : (1) penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran Fiqih di Man 2 Pamekasan, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi metode demonstrasi di Man 2 Pamekasan, (3) gambaran keberhasilan penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran fiqih di Man 2 pamekasan.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenisnya deskriftif, informannya adalah Guru mata pelajaran Fiqih dan wali kelas, dan peserta didik. sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan dengan bahwa (1) penggunaan metode demonstrasi sudah berjalan dengan efektif, (2) faktor yang mempengaruhi metode demonstrasi adalah waktu yang cukup, srana dan prasana yang memadai, siswa yang aktif, (3) keefektifan penggunaan metode demonstrasi terlihat dari hasil belajar siswa yang membaik.Dengan adanya metode demonstrasi ini peserta didik lebih aktif dan ikut serta dalam proses pembelajaran. dengan adanya program ini juga membuat peserta didik menjadi gemar membaca dan meningkatkan pengetahuan mereka menjadi lebih luas. Tidak hanya didalam kelas saja peserta didik telah bisa menirukan kedalam kehidupan sehari-hari.
Tidak tersedia versi lain