Text
IMPLEMENTASI PENGGUNAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PERLUASAN AKSES PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH MI RAUDATUL ULUM DI DESA TAMPOJUNG PREGI WARU PAMEKASAN
Sufyan,2018,implementasi penggunaan bantuan operasional sekolah dalam meningkatkan perluasan akses peserta didik di madrasah ibtidaiyah MI raudatul ulum di desa tampojung pregi waru Pamekasan, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah,IAN Madura Pamekasan, Pembimbing: Dr. H. atiqullah,S.Ag. M.P.d
Kata Kunci : implementasi pengunaan bantuan operasional sekolah dalam meningkatkan perluasan akses peserta didik di madrasah ibtidaiyah mi raudatululum
BOS bantuan operasionaljuga merupakan program pemerintah untuk membantu atau memfasilitasi sekolah atau satuan pendidikan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah, bentuk bantuan dari pemerintah berupa biaya yang akan di gunakan untuk memenuhi fasilitas belajar mengajar di sekolah, Bos merupakan bantuan dana non personalia. Implementasi penggunaan bantuan operasinal sekolah dalam meningkatkan perluasan akses pendidikan pendidikan anak ialah program untuk memfasilitasi sekolah yang berupa berupa biaya yang digunakan untuk merealisasikan wajib belajar Sembilan tahun yang terbentuk dalam Bos sehingga perluasan dan pemerataan akses pendidikan bisa tercapai dengan baik tidak membeda bedakan baik sosial,ekonomi gander. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana implementasi perluasan akses pendidikan anak di madrasah ibtidaiyah di desa tampojung pregi waru Pamekasan; kedua,apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam imlementasi bantuan dana bos dengan perluasan akses pendidikan anak di madrasah ibtidaiyah di desa tampojung pregi waru pamekasan; ketiga,bagaimana solusi atau alternative implementasi perluasan akses dana bantuan operasional sekolah terhadap pendidikan anak di madrasah ibtidaiyah di desa tampojung pregi waru pamekasan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti, seperti kepala madrasah, bendahara,serta beberapa Guru di MI raudatul ulum desa tampojung pregi waru pamekasn. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui derajat kepercayaan (credibility).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1.implementasi penggunaan BOS di madrasah MI raudatul ulum desa tampojung pregi waru pamekasan. 2. Faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi bantuan operasional sekolah dengan perluasan akses pendidikan perluasan akses pendidikan masuk pada perluasan akses pelayanan sekolah terhadap siswa dengan adanya perluasan akses pendidikan,, masyarakat bisa dengan mudah mengenyam pendididkan untuk anaknya. 3. solusi atau alternative implementasi perluasan akses bantuan dana BOS terhadap pendidikan anak di tampojung pregi waru pamekasan. a) solusi atau alternative implementasi perluasan akses dana bantuan operasional sekolah terhadap pendidikan anak di tampojung pregi waru pamekasan 1) peninjauan kembali kebijakan UUD 1945 menyatakan bahwa pendidikan adalah hak bagi semua warga negara 2) dan a keadilan adil bukan berarti sama rata 3)pengawasan yang efektif dan efisien
Tidak tersedia versi lain