Text
PENGARUH KARAKTERISTIK GAYA MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 1 PAKONG PAMEKASAN
ABSTRAK
Anisatul Fadilah, 2014, Karakteristik Gaya Mengajar Guru PAI terhadap Minat Belajar Siswa kelas VII di SMPN 1 Pakong Pamekasan, program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing : Dr. H. Mohammad Kosim, M.Ag.
Kata Kunci : Gaya Mengajar, Minat Belajar Siswa.
Dalam proses pembelajaran Guru adalah orang yang memberikan pelajaran dan siswa adalah orang yang menerima pelajaran. Dalam mentransfer pengetahuan kepada siswa diperlukan pengetahuan, kecakapan dan keterampilan sebagai guru. Disinilah gaya mengajar harus dimiliki oleh guru dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik. Dengan ini guru diharapkan dapat mengelola pembelajaran dengan baik sehingga dapat menarik minat belajar siswa.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, tentang adakah pengaruh karakteristik gaya mengajar guru Pendidikan Agama Islam terhadap minat belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Pakong Pamekasan. Kedua, Seberapa besar pengaruh karakteristik gaya mengajar guru Pendidikan Agama Islam terhadap minat belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Pakong Pamekasan. Populasi penelitian adalah siswa SMPN 1 Pakong Pamekasan yaitu kelas VII, tahun ajaran 2017-2018 sebanyak 51 siswa.
Ditentukan dengan menggunakan populasi, instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Sedangkan observasi, interview dan dokumentasi adalah sebagai data penunjang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik dengan teknik product moment
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada pengaruh karakteristik gaya mengajar guru PAI terhadap minat belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Pakong Pamekasan, diterima. Sedangkan Pengaruh karakteristik gaya mengajar guru PAI terhadap minat belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Pakong Pamekasan berada pada kategori sedang. Hal ini terbukti dari hasil analisis menunjukkan bahwa “r” kerja 0,436 dari harga kritik product moment, baik interval 95% didapat 0,276 dan pada taraf kepercayaan 99% didapat 0,358 dan “r” kerja ketika di konsultasikan dengan tabel interpretasi korelasi, berada pada interval antara 0,40 sampai dengan 0,599 dengan nilai interpretasi sedang/cukup.
Tidak tersedia versi lain