Text
KERJASAMA GURU AQIDAH AKHLAK DENGAN WALI MURID DALAM MENGATASI KENAKALAN REMAJA DI MA MIFTAHUL QULUB POLAGAN GALIS PAMEKASAN
ABSTRAK
Ainul Hasan, 2018 :Kerjasama Guru Aqidah Akhlak dengan Wali Murid dalam Mengatasi Kenakalan remaja di MA Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan, skripsi, Jurusan Tarbiyah, Fakultas Pendidikan Agama Islam (PAI), IAIN Madura, Pembimbing: Dr. H. Muhammad Kosim, M.ag.
Kata Kunci : kenakalan remaja, guru aqidah akhlak, wali murid dan siswa.
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian yaitu: 1) Bagaimana bentuk-bentuk kenakalan remaja di MA Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan. 2) Bagaimana langkah-langkah kerjasama guru aqidah akhlak dalam mengatasi kenakalan remaja di MA Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan. 3) Bagaimana hasil kerjasama guru aqidah akhlak dalam mengatasi kenakalan remaja di MA Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Untuk mengetahui bentuk-bentuk kenakalan remaja di MA Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan. 2) Untuk mengetahui langkah-langkah kerjasama guru aqidah akhlak dalam mengatasi kenakalan remaja di MA Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan. 3) Untuk mengetahui hasil kerjasama guru aqidah akhlak dalam mengatasi kenakalan remaja di MA Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data dalam penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, wali murid dan siswa, prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah: checking, organizing, coding, sedangkan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, observasi yang diperdalam, triangulasi, dan analisis kasus negative/ uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk-bentuk kenakalan remaja di MA Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan di antaranya membolos, berkelahi, tidak sopan dengan guru, tidak berpakaian rapi, menyontek, pacaran, datang terlambat ke madrasah, dan ramai di kelas ketika jam pelajaran. 2) Langkah-langkah kerjasama guru Aqidah Akhlak dengan wali murid di MA Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan di antaranya guru Aqidah Akhlak memanggil wali siswa ke madrasah dengan memberikan penjelasan tentang apa yang sudah dilanggar di madrasah. Kemudian melakukan kerjasama antara guru Aqidah Akhlak dengan wali siswa dengan memberikan motivasi untuk mencegah kenakalan yang sudah terjadi. 3) Hasil dari kerjasama guru Aqidah Akhlak dengan wali murid di MA Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan mendapatkan hasil yang baik dan direspon oleh wali murid dengan adanya kerjasama tersebut. Selain itu, siswa yang dulunya nakal sekarang menjadi tidak nakal meskipun terkadang masih nakal dan itu masih bisa ditolerir.
Tidak tersedia versi lain