Text
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF BERBASIS NILAI SPIRITUAL TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU DI MTS NEGERI 2 PAMEKASAN
ABSTRAK
Wiwik Roviana’2018,Pengaruh GayaKepemimpinanPartisifatifberbasisNilaiSpiritualterhadapPeningkatanKinerjaGuru di MTs Negeri 2 Pamekasan, Skripsi, ProgramStudiManajemenPendidikanIslam, JurusanTarbiyah. Pembimbing :Fathol Haliq M.Si
Kata kunci: Gaya Kepemimpinan, Nilai Spiritual, Peningkatan Kinerja Guru
Gaya kepemimpinan pada dasarnya mengandung pengertian sebagai perwujudan tingkah laku dari seorang pemimpin, yang menyangkut kemampuannya dalam memimpin dan mempengaruhi bawahannya. Perwujudan tersebut biasanya membentuk suatu pola atau bentuk tertentu, Membangun spiritualisme adalah usaha melakukan penyegaran mental atau ruhani berupa keyakinan, iman, ideologi, etika, dan pedoman atau tuntutan. Membangun spiritualisme dapat dilakukan dengan berbgai media, salah satunya adalah dengan membangun spiritualitas yang bersumber dari agama (religi) yang dinamakan spiritualisme religi, Kinerja guru merupakan kemampuan seorang guru dalam melaksanakan tugas pembelajaran disekolah dan bertanggung jawab atas peserta didik dibawah bimbingannya dengan meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Atau dapat diartikan sebagai suatu kondisi yang menunjukkan kemampuan seorang guru dalam melakukan tugasnya, adapun rumusan masalahnya adalah Adakah pengaruh gaya kepemimpinan partisipatif berbasis nilai spiritual terhadap peningkatan kineja guru di MTs Negeri 2 pamekasan, dan Seberapa besarkah pengaruh gaya kepemimpinan partisipatif berbasis nilai spiritual terhadap peningkatan kinerja guru di MTs Negeri 2 Pamekasan.
Secara metodelogis, peneliti ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan peneliti merupakan subyek utama dalam penelitian ini, sedangkan teknik pengumpulan data-data dalam penelitian ini yaitu angket, observasi, dan dokumentasi, sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru data pendukung dalam penelitian ini adalah prestasi sekolah, dan data lainnya.
Penelitian yang dilakukan dengan cara menganalisis data hasil angket variabel X gaya kepemimpinan partisipatif berbasis nilai spiritual dan variabel Y peningkatan kinerja guru, menunjukkan hasil positif karena nilai ”r” kerja sebesar 0,361 lebih besar dari nilai ”r” tabel product moment baik pada interval 95 % maupun pada interval 99 % pada N= 62 nenunjukkan nilai sebesar 0,254 dan 0.330.Dalam penelitian yang saya ajukan ini, “ada pengaruh gaya kepemimpinan partisipatif berbasis nilai spiritual terhadap peningkatan kinerja guru di MTs Negeri 2 Pamekasan”. Hal ini dibuktikan dengan nilai ”r” kerjasetelah dikonsultasikan pada tabel interpretasi product moment, nilai ”r” kerja tersebut berada pada 0,200 sampai 0,400 dengan interpretasi “rendah”.
Tidak tersedia versi lain