Text
STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT NON MUSLIM PADA PRODUK TABUNGAN DEPOSITO DI BPRS BHAKTI SUMEKAR KANTOR CABANG PAMEKASAN
ABSTRAK
Halimatus Zahrah, 2018 “Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Minat Non Muslim pada Produk Deposito di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan”, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: H. Abdul Mukti Thabrani, Lc.M.HI.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Produk Deposito
Dalam memenangkan persaingan setiap perbankan harus lebih kreatif, agresif dan proaktif dalam menciptakan berbagai inovasi produk dan memberikan layanan yang prima dengan tetap menempatkan orientasinya pada kepuasan nasabah sebagai tujuan utamanya guna menjamin keberlangsungan dan pengembangan bisnisnya. Kepuasan dan ketidakpuasan nasabah adalah hasil penilaian nasabah terhadap apa yang diharapkannya dengan membeli dan menggunakan suatu produk jasa bank, dengan adanya kepuasan nasabah tersebut maka kepuasan yang diperoleh nasabah tersebut dapat mendatangkan calon-calon nasabah baru. Setiap lembaga menginginkan hasil produk-produknya dapat diminati oleh anggota, baik anggota muslim maupun non muslim, sehingga lembaga mengupayakan produk-produk yang diperkenalkan pada masyarakat pada kualitas yang baik dan sesuai dengan kebutuhan anggota.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan minat non muslim di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan, serta apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi minat non muslim pada produk tabungan Deposito di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis deskriptif. Dan sumber data yang diperoleh melalui wawancara tidak terstruktur, observasi dan dokumentasi. Sedangkan informasinya diperoleh dari bagian personalia, bagian simpanan deposito, bagian pemasaran dan nasabah muslim dan nasabah non muslim dalam produk tabungan deposito di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Strategi pemasaran dalam meningkatkan minat non muslim di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan menggunakan strategi promosi dimana bagian pemasaran setiap hari melakukan promosi produk kepada calon nasabah baik melalui event-event ataupun menggunakan media elektronik seperti internet, selain dari strategi promosi ada strategi produk dan strategi harga yang di terapkan oleh bank, tetapi seringkali bank melakukan pemasaran secara langsung. Dan faktor-faktor yang mempengaruhi minat non muslim pada produk deposito di BPRS Bhakti Sumekar Cabang pamekasan dimana salah satu faktornya yaitu faktor pelayan. Selain dari itu terdapat faktor lain yaitu dari lokasi dan faktor pemasaran. Dimana yang menjadi prioritas bagi bank yaitu kepuasan nasabah, jika sistem pelayanan yang diberikan tidak maksimal maka nasabah akan berpindah ke bank yang lebih baik sistem pelayanan dan faktor lainnya.
Tidak tersedia versi lain