Text
PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP QURRATUL UYUN TRASAK LARANGAN PAMEKASAN
Siti Qomariyah, 2018, Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Plus Qurratul Uyun Trasak Larangan Pamekasan Skripsi, Jurusan, Tarbiyah, Prodi PAI, Pembimbing Dr. Edi Susanto, M.FiI.l
Kata kunci:Pengaruh Kompetensi Profesional Guru PAI. Motivasi Belajar SiswaKeberhasilan Sekolah dalam Memotivasi Belajar Siswa dituntutmenerapkan peraturan-peraturan yang sudah di terapkan oleh Kepala Sekolah.Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini,. Pertama, ada tidaknya Pengaruh kompetensi profesional guru pendidikan agama islam (PAI)Terhadap motivasi Belajar Siswa di SMP Qurratul Uyun Trasak Trasak Larangan Pamekasan. Kedua, Seberapa besar Pengaruh kompetensi profesional guru pendidikan agama islam (PAI)Terhadap motivasi Belajar Siswa di SMP Qurratul Uyun Trasak.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional,sumber data penelitian ini adalah siswa dan populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang sekolah di SMP Qurratul Uyun dengan jumlah populasi 33 siswa dan jumlah populasi yang ada 33. Pengambilan populasi menggunakan studi sensus, instrument yang dalam pengumpulan data adalah angket yang merupakan instrument utama, dan instrumen pendukung yaitu wawancara, observasi, dan dukumentasi, penengumpulan data ini berlangsung 2 hari, mulai dari Tanggal 28April 2018 sampai tanggal 30 April 2018.
Sedangkan teknik analisis yang digunakan oleh peneliti adalah analisis data statistik dengan teknik product moment.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh kompetensi profesional guru pendidikan agama islam (PAI)Terhadap motivasi Belajar Siswa di SMP Qurratul Uyun Trasak, dan pengaruhnya rendah. Hal ini tebukti dari analisis data statistik yang menunjukkan bahwa nilai r kerja sebesar kerja sebesar 0,307 lebih rendah dari r tabel pr0duct moment baik pada interval 95% maupun pada interval 99% dimana N= 33 menunujukkan nilai sebesar 0,344 dan 0,442. Dan setelah nilai r kerja di konsultasikan dengan tabel, nilai r 0,307 kerja tersebut berada dalam 0,200 sampai dengan 0,400 dengan interpretasi rendah.
Berdasarkan hasil penelitian di atas maka, Pengaruh kompetensi Profesional guru pendidikan agama islam (PAI)Terhadap motivasi Belajar Siswa di SMP Qurratul Uyun Trasak perlu di tingkatkan agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa lebih baik.
Tidak tersedia versi lain