Text
MANAJEMEN MUTU DALAM REKRUTMEN TENAGA PENDIDIK BARU DI SD PLUS MUHAMMADIYAH 1 WARU PAMEKASAN
Nuri Kartika, 2018, Manajemen Mutu Dalam Rekrutmen Tenaga Pendidik Baru Di SD Plus Muhammadiyah 1 Waru Pamekasan, skripsi program studi Manajemen Pendidikan Islam, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. Siswanto, M. Pd. I
Kata Kunci: Manajemen, Rekrutmen, TenagaPendidik
Manajemen mutu merupakan proses pengeolaan dengan memanfaatkan sumber daya manusia dalam memenuhi kebutuhan yang sesuai dengan tingkat keunggulan untuk mencapai tujuan tertentu secara efektif dan efisien. Dalam penelitian ini, membahas manajemen mutu dalam ranah rekrutmen tenaga pendidik yang berarti aktivitas mengelola proses menarik pelamar yang mampu bekerja secara potensial di lembaga pendidikan yang bertujuan untuk mendapatkan SDM yang berkualitas sebagai bagian dari peningkatan kualitas pendidikan bagi peserta didiknya.
Ada tiga fokus yang dikaji dalam penelitian: pertama, Bagaimana manajemen mutu dalam rekrutmen tenaga pendidik baru di SD Plus Muhammadiyah 1 Waru Pamekasan, kedua, Bagaimana implikasi rekrutmen tenaga pendidik baru dalam penjaminan mutu pembelajaran di SD Plus Muhammadiyah 1 Waru Pamekasan, ketiga, bagaimana efektifitas (keberhasilan) rekrutmen tenaga pendidik baru dalam penjaminan mutu pembelajaran di SD Plus Muhammadiyah 1 Waru Pamekasan.
Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunkan tiga teknik pengumpulan data yaitu melaksanakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan: pertama, manajemen mutu dalam rekrutmen tenaga pendidik baru di SD Plus Muhammadiyah 1 Waru Pamekasan dilaksanakan jika sekolah mengalami kekurangan tenaga pendidik / guru yang dikarenakan berbagai hal. Salah satunya ada guru yang pension dan ada guru yang pindah sekolah dengan alas an tertentu. Dalam pelaksanaannya dilakukan berdasarkan fungsi manajemen yaitu dengan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pengevaluasian. Kedua, implikasi rekrutmen dalam penjaminan mutu pembelajaran akan berdampak pada output yang berprestasi dan berkualitas serta perkembangan peserta didik yang optimal. Ketiga, efektifitas (keberhasilan) rekrutmen dalam penjaminan mutu pembelajaran bisa dilihat dari guru yang mengajar sesuai dengan bidangnya yang mampu merancang, melaksanakan pembelajaran dengan baik dan pada prestasi peserta didik yang membanggakan bagi sekolah tersebut.
Tidak tersedia versi lain