Text
PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS V DI MI. NURUL HIKMAH KARANG PENANG ONJUR KARANG PENANG SAMPANG
Abd. Ghaffar, 2018. Penerapan Pembelajaran Kontektual Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas V di MI. Nurul Hikmah KarangPenang Onjur Karang Penang Sampang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Istitut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Dosen Pembimbing : Dr. H. Nor Hasan, M.Ag.
Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Aqidah Akhlak.
Pemahaman terhadap metode pembelajaran merupakan salah satu persyaratan bagi seorang tenaga pendidik yang professional. Strategi pembelajaran kontekstual merupakan salah satu strategi yang ada dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bagi guru-guru khususnya guru aqidah akhlak penguasaan terhadap metode pembelajaran kontekstual sangatlah diperlukan guna memperbaiki dan memperbarui metode pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan dan perkembangan jaman untuk menyiapkan generasi penerus Islam yang akan hidup dijamannya, sehingga penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kontekstual mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI. Nurul Hikmah Karang Penang Sampang. Dengan menggunakan pembelajaran kontekstual diharapkan dapat membantu guru dalam menanamkan nilai-nilai aqidah dan akhlak. Fokus dalam penelitian ini adalah 1).Bagaimana strategi guru menggunakan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas V di MI. Nurul Hikmah? 2). Faktor-faktor apa saja yang menunjang dan menghambat pembelajaran kontekstual mata pelajaran aqidah akhlak dan cara pemecahannya di MI. Nurul Hikmah?
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk : Pertama Mendeskripsikan penerapan pembelajaran kontekstual mata pelajaran Aqidah Akhlak kela V di MI. Nurul Hikmah, kedua Mendeskripsikan faktor-faktor yang menunjang dan menghambat penerapan pembelajaran kontekstual mata pelajaran aqidah akhlak kela V di MI. Nurul Hikmah, dalam menganalisis data, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun yang menjadi subyek penelitian dalam skripsi ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Urusan Kurikulum guru mata pelajaran aqidah akhlak dan siswa. Sedangkan pengumpulan penelitian menggunakan (1) observasi (2) wawancara / interview dan (3) dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual mata pelajaran aqidah akhlak kelas V di MI. Nurul Hikmah Karang Penang Sampang sudah berjalan dengan baik. Pelaksanaannya tidak lepas dari peran serta segenap guru dan tenaga pendidikan yang selalu mendukung dan memperlancar aktivitas kegiatan belajar mengajar khususnya pengajaran aqidah akhlak. Dengan pelaksanaan pembelajaran kontekstrual di MI. Nurul Hikmah Karang Penang Sampang. Dimana strategi pembelajaran kontekstual adalah salah satu strategi yang ada dalam KTSP 2006. Silabus dan rencana pembelajaran menekankan pada tujuan yang ingin dicapai sedangkan pembelajaran kontekstual menekankan pada skenario pembelajaran yang dikembangkan sendiri oleh guru. terbatasnya sumber pembelajaran dan perubahan paradigma kurikulum lama ke kurikulum baru. Solusi dan pemecahan yang diupayakan menambah sumber pembelajaran dan sosialisasi perkembangan kurikulum.
Tidak tersedia versi lain