Text
KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN FIQIH KELAS X DI MA AL-AZHAR DESA PANAAN DUSUN BATA-BATA KECAMATAN PALENGAAN KABUPATEN PAMEKASAN
ABDULLAH, 2018, Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Fiqih kelas X di MA Al-Azhar Desa Panaan Dusun Bata-Bata Kecamatan Palenggaan Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dr. H. Mohammad Kosim, M. Ag.
Kata kunci: Kompetensi Pedagogik Guru, Pembelajaran Fiqih
Mengelola pembelajaran merupakan bagian dari kompetensi guru itu sendiri. Dengan demikian, guru yang memahami kompetensi pedagogik akan mengetahui dan memperhatikan setiap sub yang terkandung di dalamnya mencakup: pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Oleh karena itu, kompetensi pedagogik bagi guru merupakan hal yang mutlak dimiliki sebagai tenaga kependidikan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana kondisi kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran fiqih kelas X di MA Al-Azhar Desa Panaan Dusun Bata-Bata Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. Kedua, apa kesulitan yang dihadapi guru dalam menerapkan kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran fiqih kelas X di MA Al-Azhar Desa Panaan Dusun Bata-Bata Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. Ketiga, bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kondisi kompetensi pedagogik guru terhadap pembelajaran fiqih kelas X di MA Al-Azhar Desa Panaan Dusun Bata-Bata Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case studies). Prosedur pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah guru fiqih kelas X, kepala sekolah dan siswa kelas X. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, kondisi kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran fiqih kelas X di MA Al-Azhar masih kurang dan tergolong lemah dalam memperhatikan hal yang ada pada sub kompetensi pedagogik. Kedua, kesulitan yang dihadapi guru dalam menerapkan kompetensi pedagogik guru fiqih kelas X di MA Al-Azhar adalah kesulitan dalam memperhatikan hal-hal dari setiap sub yang ada dalam kompetensi pedagogik guru, sarana dan prasarana, terlebih lagi minimnya berbagai kesempatan bagi guru di MA Al-Azhar untuk mengikuti berbagi diklat dan pelatihan-pelatihan. Ketiga, upaya guru dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru terhadap pembelajaran fiqih kelas X di MA Al-Azhar adalah mengasah, mengkaji dan memperdalam kompetensi pedagogik guru serta pihak sekolah untuk memberikan kesempatan kepada para guru khususnya guru fiqih untuk mengikuti dan mengadakan berbagai diklat serta pelatihan-pelatihan.
Tidak tersedia versi lain