Text
IMPLEMENTASI NILAI NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI PAUD BAHRUL HUDA SUMBER ANYAR KECAMATAN TLANAKAN KABUPATEN PAMEKASAN
Aynun Najib, 2018, Implemtasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini di Paud Bahrul Huda Sumber Anyar Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi pendidikan Agama Islam STAIN Pamekasan. Pembimbing: Dr. H. Nor Hasan, M,Ag.
Kata Kunci : Imlementasi Nilai-Nilai, Pendidikan Agama Islam, Anak Usia Dini
Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini yaitu suatu proses atau pelaksanaan penanaman nilai-nilai pendidikan agama islam pada anak didik di usia dini dalam lingkungan sekolah,
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana Proses Implemtasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini di Paud Bahrul Huda Sumber Anyar Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan, Kedua, Apa Saja Faktor Pendukung dan Penghambat Implemtasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini di Paud Bahrul Huda Sumber Anyar Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah diskriptif analisis. data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan yang menjadi sumber data yaitu guru mata pelajaran pendidikan agama islam, orang tua peserta didik. Dalam mengecek keabsahan data melalui ketekunan pengamatan, ketekunan peneliti dan triagulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Proses Implemtasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini di Paud Bahrul Huda Sumber Anyar Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan, terdiri dari berbagai tahapan. a) Memberikan contoh sikap yang baik bagi peserta didik. b) Memberikan suatu hal yang dapat menarik perhatian peserta didik untuk belajar pendidikan agama islam. c) Membrikan cerita atau kisah-kisah keteladanan dalam lingkupan nilai-nilai pendidikan agama islam kepada peserta didik. Kedua, Faktor Pendukung dan Penghambat Implemtasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini di Paud Bahrul Huda Sumber Anyar Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan, Faktor pendukung yaitu: a) Adanya orang tua pesera didik dapat mengontrol anaknya agar serius dalam belajar. b) Adanya guru dalam pelaksanaan pembelajaran akan berjalan dengan lancar, guru dapat membentuk sikap peserta didik dengan membimbing dan menanamkan nilai-nilai pendidikan agama islam pada anak usia dini, karena dalam pendidikan anak usia dini guru sebagai pendidik kedua setelah orang tua. Faktor penghambat diantaranya, a) Peserta didik kurang memperhatikan, b) Minimnya daya serap peserta didik dalam memahami pelajaran.
Tidak tersedia versi lain