Text
Upaya Guru Dalam Mencapai Efektivitas Belajar Mengajar Di SMK Nurur Ra’uf Pegantenan Pamekasan
ABSTRAK
Judul : Upaya Guru Dalam Mencapai Efektivitas Belajar Mengajar Di SMK Nurur Ra’uf Pegantenan Pamekasan
Penulis : Ulfa Maryatun
Kata Kunci : Upaya Guru, Efektivitas Belajar Mengajar, PAI
Kegiatan belajar mengajar pada dasarnya mengembangkan kemampuan psikis dan fisik serta kemampuan penyesuaian sosial siswa secara utuh. Prilaku mengajar guru memegang peran yang amat sentral dalam keseluruhan proses pembelajaran. Guru pun dituntut untuk mampu mewujudkan perilaku mengajar secara tepat agar terjadi perilaku belajar yang efektif pula dalam diri siswa.
Berdasarkan pemikiran di atas, maka penelitian inimemfokuskan kepada: Pertama, bagaimana proses pencapaian dalam efektivitas belajar mengajar Pendidikan Agama Islam di SMK Nurur Ra’uf Pagantenan Pamekasan; Kedua, bagaimana upaya guru dalam mencapai efektivitas belajar mengajar dalam Pendidikan Agama Islam di SMK Nurur Ra’uf Pegantenan Pamekasan; Ketiga, apa saja faktor yang mempengaruhi guru dalam mencapai efektivitas belajar mengajar Pendidikan Agama Islam di SMK Nurur Ra’uf Pagantenan Pamekasan?
Pendekatan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya menggunakan jenis penelitian lapangan. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi, sedangkan Informannya adalah Kepala Sekolah, Guru PAI dan Siswa. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan malalui perpanjangan kehadiran peneliti, observasi yang diperdalam, triangulasi dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, proses pencapaian dalam efektifitas belajar mengajar Pendidikan Agama Islam di SMK Nurur Ra’uf Pegantenan Pamekasan, dengan melaksanakan hal-hal berikut: a. Guru melakukan multi metode ceramah, diskusi kelompok, dan penugasan; b. guru menambah jam PAI sesuai dengan kesepakatan rapat dewan guru sebelumnya; c. Guru memanfaatan kegiatan ekstrakurikuler dengan cara yang Islami, seperti membaca Surat Al-Waqi’ah sebelum memulai pelajaran. Kedua, Upayaguru dalam mencapai efektivitas belajar mengajar PAI di SMK Nurur Ra’uf Pegantenan Pamekasan, adalah dengan cara : a. mengatasi kendala-kendala yang muncul dalam wilayah di luar pembelajaran, seperti halnya kurangnya buku penunjang pembelajaran; b. melakukan inovasi pembelajaran; c. mengelola kelas dengan baik supaya tercipta kondisi pembelajaran yang efektif dan efisien.Ketiga, Faktoryang mempengaruhi guru dalam mencapai efektivitas belajar mengajar Pendidikan Agama Islam di SMK Nurur Ra’uf Pegantenan Pamekasan ada dua: faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor yang mendukung seperti kesiapan guru dalam mengajar, adanya dorongan belajar siswa dari guru, antusiasme siswa mengikuti pembelajaran, suasana kelas yang mendukung, Sementara faktor yang menghambat yaitu, perbedaan kemampuan individu dalam belajar, kesulitan menentukan metode pembelajaran yang relevan dengan materi PAI, lemahnya para siswa ketika mau menangkap pelajaran, dan keterbatasan waktu untuk mengadakan evaluasi.
Tidak tersedia versi lain