Text
PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA KHAIRUL ULUM TAMBELANGAN KECAMATAN TAMBELANGAN SAMPANG
ABSTRAK
Nanda Nuraindah R, 2018, Peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Khairul Ulum Tambelangan Kecamatan Tambelangan Sampang, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah.
Pembimbing: Drs. H. Saiful Arif, M.Pd.
Kata kunci: Peran guru, minat belajar.
Peran utama guru di sekolah tidak hanya menyampaikan ilmu pengetahuan sebagai warisan kebudayaan masa lalu yang dianggap berguna sehingga harus dilestarikan. Guru bukan satu-satunya sumber belajar (Learning resources) bagi peserta didik. Sumber belajar sudah berkembang seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Guru dalam proses pembelajaran mempunyai peran yang sangat penting dan kompleks. Kecanggihan teknologi bisa memudahkan peserta didik mencari dan mendapatkan informasi dan pengetahuan, hal ini tidak mungkin dapat mengganti peran guru. Sebernarnya guru memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu Pertama, bagaimana Peran guru dalam meningktatkan minat belajar siswa pada pelajaran pendidikan agama islam di SMA Khairul Ulum Tambelangan Kecamatan Tambelangan Sampang. Kedua, Bagaimana hasil belajar siswa dalam meningkatkan minat belajar siswa
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis inkuiri naturalistik. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran fiqih dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran pendidikan agama islam di SMA Khairul Ulum Tambelangan Kecamatan Sampang. 1) Sebagai Motivator: memberikan nasihat, memberi apresiasi nilai, memberikan pujian, memberikan hadiah berupa nilai tambahan. 2) Sebagai Pembimbing: membimbing siswa dalam mengalami kesulitan belajar, pemberian kesempatan bertanya, guru memberikan solusi dalam kesulitan belajar siswa. 3) Sebagai Fasilitator: memfasilitasi siswa dengan segala kebutuhannya yang berusaha memberikan pengetahuan terbaik untuk anak didiknya. 4) Hasil belajar: siswa aktif dalam proses pembelajaran. Kedua, Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Khairul Ulum Tambelangan Sampang. 1) factor pendukung dalam meningkatkan minat belajar siswa adalah faktor kewajiban bagi seorang guru dan amanah dari Allah untuk menyiapkan generasi yang unggul dalam berilmu, menjadikan anak didik yang bermutu, dan menciptakan anak didik yang berfikir kritis dan kreatif. disamping itu faktor pendukungnya adalah motivasi dari siwa itu sendiri, kemampuan guru yang profesioanl dan berkualitas serta sarana dan prasarana yang menunujang keberhasilan proses belajar mengajar dalam meningkatkan minat belajar siswa. 2) faktor penghambat dalam meningkatkan minat belajar siswa keterbatasan alokasi waktu dalam pembelajaran PAI serta sarana dan prasarana yang masih minin, seperti alat peraga yang akan digunakan, kurangnya media pembelajaran seperti proyektor, kelengkapan buku referensi perpustakaan.
Tidak tersedia versi lain