Text
PERAN MOTIVASI ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA DI MTs NASYIATUS SYUBBAN TOBUNGAN GALIS PAMEKASAN
Rahmad Maulidi Sholeh, 2018, Peran Motivasi Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Siswa di MTs Nasyiatus Syubban Tobungan Galis Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbaiyah, STAIN Pamekasan, Pembimbing : Dr. Edi Susanto, M.Fil.I
Kata Kunci : Motivasi orang tua, Prestasibelajar
Dalam penelitian ini, ada tiga fokus yang penulis teliti, yaitu: pertama, bagaimana peran motivasi orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar akidah akhlak siswa di MTs Nasyiatus Syubban Tobungan Galis Pamekasan; kedua, apa saja bentuk motivasi yang diberikan orang tua untuk meningkatkan prestasi belajar akidah akhlak siswa di MTs Nasyatu Syubban Tobungan Galis Pamekasan; ketiga, faktor yang mempengaruhi prestasi belajar akidah akhlak siswa di MTs Nasyatu Syubban Tobungan Galis Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informannya adalah kepala madrasah, guru, orang tua, dan siswa-siswi Mts Nasyiatus Syubban. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan,dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Peran motivasi orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar akidah ahklah siswa di Mts Nasyiatus Syubban yaitu dilakukan dengan dua cara, cara yang Pertama yaitu dengan melakukan pembinaan secara langsung pada anak, pembinaan secara langsung, meliputi: a) memberikan nasehat kepada anak untuk mengerjakan sholat 5 waktu dan mengikuti kegiatan keagamaan, b) memberikan keteladanan kepada putra-putrinya seperti mengajak untuk sholat berjemaah, sholat sunnah dan juga bersikap agamis seperti memanggil salam sebelum masuk atau keluar rumah, c) orang tua membiasakan beberapa kegiatan keagamaan kepada anak seperti membiasakan anak sholat wajib dan juga sholat sunnah, berpuasa, zakat, dan juga membaca Al qur’an. Kedua, Pembinaan secara tidak langsung, meliputi: a) meminta bantuan orang lain atau lembaga pendidikan islam, b) mendatangkan guru ngaji atau guru private untuk mengawasi anaknya. Kedua, Bentuk motivasi orang tua untuk meningkatkan prestasi belajar akidah akhlak siswa di Mts Nasyiatus Syubban yaitu dengan dua cara, meliputi: 1) pemberian reward atau hadiah diberikan oleh guru atau orang tua pada saat anak mendapatkan rangking atau berprestasi di sekolah, 2) pemberian ucapan pujian dilakukan oleh orang tua terhadap anaknya pada saat anaknya mendapat nilai yang bagus dalam proses pembelajaran sehari-hari. dan Ketiga,Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa di Mts Nasyiatus Syubban yaitu ada dua faktor Intern dan ekstern yang meliputi: a) faktor intern berupa Minat dalam diri siswa, minat merupakan kecendrungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang bebrapa kegiatan, b) faktor ekstern berupa Motivasi orang tua, merupakan dorongan kepada anak agar bisa belajar lebih giat.
Tidak tersedia versi lain