Text
Pengaruh Fasilitas Layanan Mesin ATM Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Sampang
ABSTRAK
Syarifatus Syufiyah, 2018, Pengaruh Fasilitas Layanan Mesin ATM Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Sampang,Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi Bisnis dan Islam, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. Rudy Haryanto, SST, MM.
Kata Kunci: Fasilitas Layanan, Mesin ATM, Kepuasan Nasabah
Mesin ATM merupakan salah satu fasilitas yang diberikan oleh lembaga keuangan (perbankan) guna untuk memfalisitasi nasabah dalam melakukan transaksi berbasis keuangan. Semakin berkembangnya waktu dengan semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan jasa perbankan, tentunya antara lembaga yang satu dengan yang lain berlomba-lomba dalam memberikan pelayanan serta memberikan fasilitas perbankan sebaik mungkin yang dapat membuat nasabah merasa puas, hal ini berkaitan dengan program pendistribusian mesin atau bangunan unit ATM. Perusahaan harus memutuskan bagaimana cara mendistibusikan produk jasa agar mudah di akses atau mudah ditemukan oleh nasabah.
Berdasarkan uraian tersebut, terdapat dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu pertama, apakah fasilitas layanan mesin ATM mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Sampang; kedua, seberapa besar pengaruh fasilitas layanan mesin ATM terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Sampang.
Penelitian ini terdiri atas dua variabel yaitu variabel bebas (Fasilitas Layanan Mesin ATM) dan variabel terikat (Kepuasan Nasabah). Populasi penelitian peneliti sebanyak 920 orang dengan sampel 90 responden. Metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Responden dalam penelitian yaitu nasabah Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Sampang.
Hasil penelitian menunjukkkan bahwa terdapat pengaruh signifikan fasilitas layanan mesin ATM terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Sampang. Hal tersebut dinyatakan berdasarkan hasil Uji-t yang menghasilkan thitung = 9,411 > ttabel = 1,291 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,1, serta nilai koefisien beta yang bernilai positif. Hasil koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan SPSS (Statistical Product and Service Solutions) 17, dengan melihat perolehan R square sebesar 0,502 (50,2%) kepuasan nasabah dipengaruhi oleh fasilitas layanan mesin ATM, 49,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Tidak tersedia versi lain