Text
KOMPETENSI SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI LARANGAN LUAR 2 KECAMATAN LARANGAN KABUPATEN PAMEKASAN
Berdasarkanhasilpengamatanawal yang penulislakukan di SekolahDasarNegeriLaranganLuar 2 LaranganLuarLaranganPamekasanditemuigejala-gejala yang menunjukkanrendahnyakompetensisosial guru terhadapsiswadiantaranya: Ada guru yang menggunakanbahasa yang kurangpantasterhadappesertadidikketikamarah, berbicarakasardenganpesertadidik, tidakmengetahui status ataukeberadaanpesertadidik di sekolahtersebut, dantidakmenegursiswa yang melakukanpelanggarandisiplinkelas.
Berdasarkangejala-gejala di atas, makafokus dalampenelitianiniadalah. (1) Bagaimanakompetensisosial guru Pendidikan AgamaIslam di SekolahDasarNegeriLaranganLuar 2 LaranganLuarLaranganPamekasan? (2)Apafaktor-faktor yang mempengaruhikompetensisosial guru Pendidikan Agama Islam di SekolahDasarNegeriLaranganLuar 2 LaranganLuarLaranganPamekasan? Tujuanutamapenelitianinidimaksudkanuntukmengetahuikompetensisosial guru di SekolahDasarNegeriLaranganLuar 2 LaranganLuarLaranganPamekasandanUntukmengetahuifaktor-faktor yang mempengaruhikompetensisosial guru Pendidikan Agama Islam di SekolahDasarNegeriLaranganLuar 2 LaranganLuarLaranganPamekasan..
Bentukpenelitianyaitudeskriptifkulitatifdan di fokuskanhanyapadasatuvariabel.Subyekpenelitianiniadalahpara guru di SekolahDasarNegeriLaranganLuar 2 LaranganLuarLaranganPamekasanpadatahunajaran 2017-2018.Data penelitianini di kumpulkanselama 1 bulan.Tehnikpengumpulan data yang di gunakanuntukdalampenelitianiniadalahobservasidanwawancara.ObservasidigunakanuntukmengetahuibagaimanaKompetensiSosial Guru terhadapsiswa di SekolahDasarNegeriLaranganLuar 2 LaranganLuarLaranganPamekasan.Sedangkanwawancaradigunakanuntukmengetahuifaktor-faktor yang mempengaruhiKompetensiSosial Guru di SekolahDasarNegeriLaranganLuar 2 LaranganLuarLaranganPamekasan
Setelahmenganalisa data, penulismenyimpulkanbahwa: (1). kompetensisosial guru sangatkompeten, (2). faktor-faktor yang mempengaruhiKompetensiSosial Guru di SekolahDasarNegeriLaranganLuar 2 LaranganLuarLaranganPamekasanantaralainfaktordari guru, kurikulum, sarana-prasarana, latarbelakangpendidikandanfaktorekonomi (penghasilan guru). Berdasarkankesimpulantersebutmakapenulismemberimasukankepada guru-guru di SekolahDasarNegeriLaranganLuar 2 LaranganLuarLaranganPamekasan agar dapatmeningkatkankompetensisosialmereka.
Tidak tersedia versi lain