Text
MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DI TK/PAUD NURUS SHOLIHIN TANJUNG PADEMAWU PAMEKASAN
ABSTRAK
Moh. Ainur Rijal, 2017, Quantum Teaching dalam Pembelajaran di Raudatul Atfal Nurus Sholihin di Desa Tanjung kec. Pademawu kab. Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: Fathol Haliq, M.S.i.
Kata Kunci: Quantum Teaching, Pembelajaran
Quantum Teaching merupakan metode dimana dalam Quantum Teaching ini memiliki asas utama yaitu “Bawalah dunia mereka ke dunia kita, dan antarkan dunia kita ke dunia mereke”. Dari asas tersebut mengandung suatu cara bahwa langkah pertama yang harus dilakukan guru yaitu membangun jembatan autentik memasuki kehidupan siswa, untuk mendapatkan hak mengajar dari mereka.
Pembelajaran sebagai suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.
Fokus Penelitian Ini, ada tiga: Pertama, Bagaimana cara guru menerapkan metode Quantum Teaching dalam pelaksanaan proses pembelajaran di RA Nurus Sholihin? Apa saja Faktor pendukung dan penghambat bagi guru dalam menerapkan metode Quantum Teaching pada pelaksanaan proses pembelajaran di RA Nurus Sholihin? Upaya Apa Saja yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi hambatan dalam menerapkan metode Quantum Teaching dalam pelaksanaan proses pembelajaran di RA Nurus Sholihin?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data adalah Kepala Sekolah, Guru RA Nurus Sholihin. Analisis data melalui pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan, pengamatan, triangulasi dan uraian rincian. Penelitian ini berlangsung dari tanggal 29 September 2017 sampai dengan 25 November 2017.
Hasil temuan penelitian, Penggunaan Metode Quantum Teaching dengan menggunakan media cetak dalam kegiatan pembelajaran di RA Nurus Sholihin Desa Tanjung Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan: Anak Islam Trampil Menulis Huruf Latin, Anak Islam Suka Membaca, Buku Pintar Latihan Menulis Huruf Hijaiyah, Awal Mengenal Dan Menulis Angka, Origami (Seni Lipat Kertas), Membaca Dan At- Tanzil. Faktor Pendukung dan penghambat Quantum Teaching dalam pembelajaran penggunaan media cetak dalam kegiatan pembelajaran di RA Nurus Sholihin Desa Tanjung Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan: faktor pendukung. alat permainan, pensil berwarna, alat peraga lainnya. Sedangkan faktor penghabatnya. Peneliti melihat dikelas nol besar, ada beberapa siswa yang cenderung terhadap orang tuanya sehingga ketika siswa sedang belajar harus didampingi oleh orang tuanya, karena ada sifat rasa takut siswa kepada guru tersebut. Upaya Guru untuk mengatasi hambatan dalam pembelajaran Metode Quantum Teaching di Desa Tanjung Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan: membaca, bernyanyi, menghafal, mengenal suatu lingkungan sekitar seperti halnya mengenal nama hewan, buah dan lain-lain.
Tidak tersedia versi lain