Text
UPAYA GURU MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI TORONAN 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Ahmad Fajarus Salam, 2018, Upaya Guru Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Agama Islam di Sedolah Dasar Negeri Toronan 1 Pamekasan Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. H. Moh.Muchlis Solichin, M.Ag
Kata Kunci: Minat, Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam
Minat merupakan kecenderungan yang menetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa aktivitas. Minat pada dasarnya merupakan penerimaan akan suatu hubungan antara diri sendiri dengan sesuatu di luar diri. Belajar sebagai suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Mata pelajaran PAI yang diarahkan untuk menyiapkan siswa untuk mengenal, memahami, menghayati, ilmu agama islam yang kemudian menjadi dasar pandangan hidupnya (way of life). Dengan demikian, pendidikan agama Islam sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah memiliki peran yang sangat strategis dalam pembentukan moral, akhlak, dan etika peserta didik.
Fokus Penelitian Ini, ada dua: Pertama, Bagaimana Upaya Guru dalam Meningkatkan minat belajar siswa dalam mata Pelajaran Agama Islam di SDN Toronan 1 Pamekasan Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan? Kedua. Faktor-faktor apa yang mempengaruhi minat belajar siswa dalam mata Pelajaran Agama Islam di SDN Toronan 1 Pamekasan Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data adalah Kepala Sekolah, Guru agama islam, Siswa kelas IV, V, dan VI. Analisis data melalui pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan, pengamatan, triangulasi dan uraian rincian.
Hasil penelitian Pertama, menunjukkan bahwa Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Agama Islam di SDN Toronan I Pamekasan Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan secara akumulatif kurang berminat terhadap pelajaran agama islam, hal ini dapat dilihat ketika proses pembelajaran berlangsung siswa menunjukkan sikap tidak tertarik, tidak perhatian, tidak berpartisipasi, dan tidak mempunyai keinginan untuk mempelajari pelajaran agama islam sehingga berdampak pada buruknya hasil pembelajaran tersebut. Kedua, Faktor-faktor yang mempengaruhi Minat Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Agama Islam (a) Kurangnya motivasi siswa yang disebabkan oleh kurangnya pengalaman guru dalam menggunakan metode mengajar yang sesuai. (b) Kurangnya hubungan atau kerja sama dari pihak keluarga siswa dengan sekolah (c) Lemahnya pemanfaatan fasilitas membuat pelajaran agama islam berjalan secara monoton dan tidak berkembang.
Tidak tersedia versi lain