Text
IMPLEMENTASI SISTEM REWARD AND PUNISHMENT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SMP AL-FAQIH SUMBER NYAMPLONG KOWEL PAMEKASAN
Ach hasib, 2018, Implementasi Sistem Reaward dan Punishment Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Pendidik Dan tenaga Kependidik Di SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, STAIN Pamekasan,Pembimbing : Dr. Abd Mukhid, M.Pd
Kata Kunci : Reward dan Punishment, Motivasi Kerja, Pendidikdan Tenaga Kependidikan.
Penelitian ini dilakukan atas dasar ketertarikan peneliti terhadap adanya pemberian reward di SMP Al-Faqih yang dilakukan sebagai bentuk apresiasi kepada pendidik dan tenaga kependidikan atas kontribusi yang telah diberikan terhadap sekolah. Dan pelaksanaan pemberian punishment yang dilakukan sebagai suatu upaya untuk memperbaiki prilaku pendidik ataupun tenaga kependidikan yang kurang aktif dalam melaksanakan tanggung jawabnya dan kurang menghormati peraturan-pearturan yang ada di sekolah
Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian tentang tiga permasalahan pokok yang menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana perencanaan pemberian reward dan punishmet dalam meningkatkan motivasi kerja pendidik dan tenaga kependidikan di SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan; kedua, Bagaimana pelaksanaan pemberian reward dan punishmet dalam meningkatkan motivasi kerja pendidik dan tenaga kependidikan di SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan. ketiga, Bagaimana hasil pelaksanaan pemberian reward dan punishmet dalam meningkatkan motivasi kerja pendidik dan tenaga kependidikan di SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara , observasi dan dokumentasi. Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang di teliti oleh peneliti, seperti pendidik dan tenaga kependidikan di SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui Derajat kepercayaan (credibility).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, perencanaan pemberian reward dan punishment dilakukan dengan melibatkan para pengelola di SMP Al-Faqih dan yang berwenang dalam memberikannya adalah kepala sekolah dan wakilnya. Kedua, pelaksanaan pemberian reward dan punishment meliputi perencanaan, penilaian, dan pemberian reward itu sendiri.Ketiga, hasil pelaksanaan pemberian reward dan punishment berdampak pada semakin aktifnya para pendidik dan tenaga kependidkan di SMP Al-Faqih dalam mengerjakan tugas-tugasnya.
Tidak tersedia versi lain