Text
IMPLEMENTASI TQM (TOTAL QUALITY MANAGEMENT) DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMK NAZHATUT THULLAB PRAJJAN CAMPLONG SAMPANG
ABSTRAK
Nurul Rizqiyani , 2018, Implementasi Manajemen TQM (Total Quality Management) dalam Peningkatan Mutu Pendiidkan di SMK Nazhatut Thullab Sampang, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Dr. H. Atiqullah, M. Pd
Kata Kunci : TQM (Total Quality Management), Mutu Pendidikan
Di Era Globalisasi pada sekarang ini banyaknya persaingan antara lembaga satu dengan lembaga lainnya. Maka dari itu, lembaga pendidikan harus terus melakukan perubahan yaitu perubahan yang dimaksud adalah perbaikan secara terus menerus, yang mana hal ini dapat mempertahankan kualitas sekolah yang sudah dicapai Dengan mempertahankan segala sesuatu yang sudah dimiliki oleh sekolah baik deri segi kemampuan atau skill serta hal yang berkaitan dengan pertahan suatu lembaga, sekolah perlu untuk melakukan perbaikan secara terus menerus yang mana dalam dunia pendidikan sudah dikenal dengan istilah manajemen mutu terpadu (Total Quality management) D
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimaan Penerapan TQM dalam peningkatan mutu pendidikan di SMK Nazhatut Thullab; kedua, Bagaimana upaya sekolah dalam mempertahankan mutu pendidikan yang sudah dicapai di SMK Nazhatut Thullab Prajjan Camplong Sampang; ketiga, Apa faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan mutu pendidikan di SMK Nazhatut Thullab.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti, seperti kepala sekolah, Waka Kesiswaan, serta di SMK Nazhatut Thullab Prajjan Camplong Sampang. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui peningkatan ketekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, penerapan TQM di SMK Nazhatut Thullab yaitu dengan penerapan pada prinsip TQM itu sendiri yaitu (Fokus pada Pelanggan, Peningkatan Proses, Keterlibatan Total) yang mana prinsip ini di dukung dengan adanya aspek yaitu kerja tim, Kepemimpinan dan Komunikasi. Kedua, Upaya dalam mempertahankan mutu pendidikannya yaitu dengan mengadakan evaluasi (guru, siswa, sarana dan prasarana). evaluasi ini dilakukan agar sekolah dapat mengetahu apa saja yang perlu di benahi untuk masa yang akan datang. Ketiga, faktor pendukung dalam penerapan tersebut ialah: kerja sama yang baik antara atasan dan bawahan serta dengan lembaga lain, sarana dan prasarana yang
memadai, menjalin komunikasi yang baik anatar kepala sekolah, guru da siswa.. Sedangkan faktor penghambatnya ialah: sarana dan prasarana yang berupa alat elektronik yang diapakai atau tidak pasti mengalami kerusakan, guru yang tidak disiplin, Siswa yang juga kurang disiplin, serta kurangnya kesadaran warga sekolah akan pentingnya TQM dalam peningkatan mutu pendidikan Sedangkan tindak lanjut dari adanya faktor penghambat tersebut ialah: menyesuaikan dengan situasi dan kondisi; kepala sekolah selalu melakukan pendekatan.
Tidak tersedia versi lain