Text
PENGARUH KUALITAS INPUT PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MA AL-MIFTAH DESA DEMPO BARAT KECAMATAN PASEAN KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Nurjannah, 2018, Pengaruh Kualitas Input Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di MA Al-Miftah Desa Dempo Barat Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi MPI, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Fathol Haliq, M.Si.
Kata Kunci : Kualitas, Input Peserta Didik, Prestasi Belajar
Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya teori mengenai input yang baik menghasilkan output ataupun hasil yang baik pula. Namun, faktanya yang lebih berpengaruh terhadap hasil ialah proses yang terjadi dalam sebuah lembaga pendidikan. Sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian kuantitatif ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kualitas input peserta didik terhadap prestasi belajar siswa dan seberapa besar pengaruh kualitas input peserta didik terhadap prestasi belajar siswa. Kualitas adalah ukuran baik buruk suatu benda, kadar, taraf atau derajat berupa; kepandaian, kecerdasan, kecakapan, dan sebagainya. Dalam penelitian ini, membahas kualitas dalam ranah input peserta didik. Jadi, kualitas input peserta didik adalah ukuran baik buruk penerimaan siswa barupa di sebuah lembaga pendidikan. Penerimaan siswa baru dilakukan setiap tahun yakni pada tahun ajaran baru dengan begitu sebuah lembaga pendidikan harus mempersiapkan segala sesuatunya yang berhubungan dengan penerimaan peserta didik baru. Sedangkan prestasi belajar adalah hasil yang telah dicapai setelah melakukan kegiatan belajar.
Berdasarkan pengertian diatas maka dalam penelitian ini memiliki dua rumusan masalah yaitu pertama, Adakah Pengaruh Kualitas Input Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MA Al-Miftah Desa Dempo Barat Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan ?. Kedua, Seberapa Besar Pengaruh Kualitas Input Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MA Al-Miftah Desa Dempo Barat Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan ?. Melihat dari bentuk penelitian diatas dapat dikatakan bahwa penelitian diatas adalah penelitian kuantitatif yang mana menggunakan data statistik dan menggunakan metode pengumpulan data yang diambil oleh peneliti sebagai berikut Angket, Observasi, wawancara, dan Dokumentasi.
Dalam penelitian ini peneliti menemukan beberapa temuan yang mana dapat diuraikan sebagai berikut: Ada Pengaruh Kualitas Input Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MA Al-Miftah Desa Dempo Barat Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan. Hal ini terbukti bahwa nilai “r” kerja 0,608 lebih tinggi dari pada nilai r tabel. Nilai r tabel dengan N=72 dalam interval kepercayaan 95% dan 99% diperoleh nilai sebesar 0,235 dan 0,306. Hal ini terbukti dengan hasil konsultasi r kerja
0,608 dengan tabel interpretasi nilai berada pada rentang nilai 0,600 sampai 0,800 dengan nilai interpretasi cukup.
Tidak tersedia versi lain