Text
IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERENCANAAN KURIKULUM DI SMPI LUGHATUL ISLAMIYAH SUMENEP
Fakhirotul Elliyyin, 2018, Implementasi Manajemen Perencanaan Kurikulum Di SMPI Lughatul Islamiyah Sumenep, Skripsi, jurusan MPI, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing : Dr. H. M. Muchlis Solichin, M. Ag
Kata Kunci: Implementasi, Manajemen,Perencanaan Kurikulum.
Manajemen perencanaan kurikulum merupakan suatu proses yang terdiri dari planning, organizing, actuating, dan controlling yang bertujuan untuk merencanakan sebuah kurikulum dalam mensukseskan program kegiatan di sekolah. Dalam penerapan manajemen perencanaan kurikulum harus didukung dengan strategi atau langkah-langkah yang bisa memaksimalkan strategi tersebut, serta didukung oleh sumber daya manusia yang tepat.
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu : (1) implementasi manajemen perencanaan kurikulum di SMPI Lughatul Islamiyah Sumenep, (2) faktor pendukung keberhasilan dan penghambat dalam manajemen perencanaan kurikulum yang diterapkan di SMPI Lughatul Islamiyah Sumenep.Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan implementasi manajemen perencanaan kurikulum di SMPI Lughatul Islamiyah Sumenep, (2) untuk mengetahui faktor pendukung keberhasilan dan penghambat dalam manajemen perencanaan kurikulum yang diterapkan di SMPI Lughatul Islamiyah Sumenep.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenisnya deskriptif, informannya adalah Kepala sekolah, waka kurikulum,tim penyusun kurikulum, dan guru pengajar, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi manajemen perencanaan kurikulum yang diterapkan di SMPI Lughatul Islamiyah Sumenep menggunakan fungsi manajemen, di antaranya adalah (a) Planning,merencanakan kurikulum dengan pihak-pihak terkait melalui rapat, (b) Organizing,penentuan pihak-pihak yang terlibat dalam penyusunan perencanaan kurikulum,(c) Actuating, penerapan perencanaan kurikulum sudah sesuai dengan kurikulum yang digunakan saat ini, yakni Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), (d) Controlling,orang-orang yang terlibat dalam proses pengawasan yaitu: kepala sekolah, komite sekolah, pengurus yayasan, dan pengawas Departemen Agama (DEPAG). (2) faktor pendukung keberhasilan implementasi manajemen perencanaan kurikulum di SMPI Lughatul Islamiyah Sumenep adalah (a) Pengalamanprofesional guru, (b) Kemampuan guru mengembangkan program tahunandan semester, (c) Kemampuan guru mengembangkan silabusdan RPP,(d) Guru mampu menciptakan lingkungan yang kondusif dalam proses pembelajaran
Tidak tersedia versi lain