Text
OPTIMALISASI BIMBINGAN DALAM PENANGANAN KENAKALAN SISWA DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AN-NIDZAMIA SUMBER PAPAN II LARANGAN BADUNG PALENGAAN PAMEKASAN
Mabruroh, 2018, Optimalisasi Peran Bimbingan dalam Penanganan Kenakalan Siswa di Madrasah Diniyah Takmiliyah An-Nidzamia Sumber Papan II Larangan Badung Palengaan Pamekasan, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dr. H. Saiful Hadi, M. Pd
Kata Kunci: Bimbingan, Kenakalan Siswa
Peneltian ini dilatarbelakangi oleh adanya kenakalan siswa dalam dunia pendidikan. Oleh sebab itu, pendidikan yang memiliki peran dalam kehidupan manusia, bertujuan membentuk manusia yang bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, mencetak manusia yang terampil, cerdas, memperkuat kepribadian serta mempertebal semangat kebangsaan agar dapat menumbuhkan manusia pembangun yang dapat membangun dirinya sendiri, serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.
Berdasarkan hal tersebut ada dua permasalahan yang menjadi pokok dalam penelitian ini, yaitu pertama, Bagaimana optimalisasi bimbingan dalam penenganan kenakalan siswa di Madrasah Diniyah Takmiliyah An-Nidzamia Sumber Papan II Larangan Badung Palengaan Pamekasan? kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam optimalisasi bimbingan terhadap penanganan kenakalan siswa di Madrasah Diniyah Takmiliyah An-Nidzamia Sumber Papan II Larangan Badung Palengaan Pamekasan?
Penelitian ini termasuk pada penelitian kualitatif dengan pendekatan diskriptif. Sumber data diperoleh melalui rekaman, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala Madrasah Diniyah, Ustadz dan ustadzah, siswa serta wali siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertakan, ketekunan pengamatan, triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Optimalisasi Peran Bimbingan dalam Penanganan Kenakalan Siswa di Madrasah Diniyah Takmiliyah An-Nidzamia Sumber Papan II Larangan Badung Palengaan Pamekasan, optimalisasi peran bimbingan mampu menciptakan suasana belajar mengajar yang lebih efektif dan efisien, dan mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran melalui bimbingan. Selain dari peningkatan pada pencapaian hasil belajar, optimalisasi bimbingan juga mampu meningkatkan potensi peserta didik dalam pembentukan karakter dan kepribadian khususnya pada bidang keagamaan. Hal itu secara langsung mampu menangani kenakalan siswa di dalam kelas saat proses belajar berlangsung. 2) Kendala yang dihadapi pada Penerapan Sistem Moving Class dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam, meliputi, faktor internal danfFaktor eksternal.
Tidak tersedia versi lain