Text
PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) MIFTAHUL HUDA TRASAK LARANGAN PAMEKASAN SKRIPSI
NAMA: Achmad Rofiqi, Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Miftahul Huda Trasak Larangan Pamekasan. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Jurusan Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: Dr. H. Moh Muchlis Solichin, M.Ag
Kata Kunci : Peran Kepala Madrasah, Supervisor, Profesionalisme Guru
Peran kepala madrasah sebagai supervisor yang berfungsi sebagai pengawas, pengendali, pembina, pengarah, dan pemberi contoh kepada para guru dan karyawan di sekolah, Sehingga pada meningkatkan profesionalisme guru, kepala madrasah orang pertama yang mempunyai tanggung jawab untuk meningkatkan profesionalisme guru sekaligus sebagai jembatan bagi guru yang mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran, sehingga kepala madrasah harus memberi bantuan berupa pembinaan terhadap guru yang bersangkutan, Fokus pada penelitian ini terdapat tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama, Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Miftahul Huda Trasak Larangan Pamekasan. Kedua, Kendala Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Miftahul Huda Trasak Larangan Pamekasan. Ketiga, Solusi dari Kendala Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Miftahul Huda Trasak Larangan Pamekasan.
Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, data yang diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan analisis kualitatif diskriptif, kemudian seluruh data yang di cek keabsahannya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi sumber, metode, peneliti, teoritik. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumesntasi yang berasal dari kepala madrasah, guru. Sedangkan pengecekan keabsahan data dapat dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi sumber, metode, peneliti, dan teoritik.
Hasil penelitian Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru bahwasahnya kepala madrasah mengacu kepada peran kepala madrasah yang mempunyai peran sebagai pemimpin pendidikan, administrator, motivator, dan supervisor, pelaksanaannya kepala madrasah sebagai supervisor yaitu diadakannya monitoring, supervisi kelas, didalam pelaksanaan supervisi itu ada seperti penguatan-penguatan materi, bimbingan terhadap guru dan juga melaksanakan kedisiplinan yang melalui adanya absensi yang menggunakan pinjerprint. Hasil pelaksanaan supervisi dijadikan sebagai acuan kepala madrasah. Upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru mengikut sertakan guru untuk mengikuti Workshop dan Pelatihan. Kendala yang dihadapi kepala madrasah minimnya sarana prasaran, kurangnya pembiayaan danaserta ada guru yang tidak masuk. Solusi untuk sarana dan prasarana menggunakan sarana prasarana seadanya, untuk kurangnya pembiayaan dana adanya sumbangan dari masyarakat setiap satu minggu sekali, untuk guru yang tidak masuk dengan disediakannya guru piket.
Tidak tersedia versi lain