Text
UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMOTIVASI PESERTA DIDIK AGAR BERAGAMIS DI SMP PLUS NURUL HIKMAH PAMEKASAN
Khoiril Anam, 2018, Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Memotivasi Peserta Didik Agar Beragamis Di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing : H. Mohammad Hasan, M. Ag
Kata Kunci: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam, Memotivasi Peserta Didik Agar Beragamis, Sekolah Menengah Pertama Plus,
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu : Pertama, Bagaimaa langkah-langkah guru pendidikan agama islam dalam memotivasi peserta didik agar beragamis di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan, Kedua, Apa saja faktor yang mempengaruhi guru pendidikan agama islam dalam memotivasi peserta didik agar beragamis di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan, Ketiga, Bagaimana keberhasilan guru pendidikan agama islam dalam memotivasi peserta didik agar beragamis di SMP Plus Nurul Hikmah Pammekasan.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenisnya deskriftif, informannya adalahguru pengajar, dan siswasedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Langkah-langkah guru dalam memotivasi peserta didik agar beragamis di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan yaitu: (a)meberikan uswah yang islami,(b) meberikan cerita-cerita yang mendorong, (c)memberika teguran dan bimbingan. Kedua, Utuk mengetahui faktor-faktor yang mempegaruhi guru dalam memotivasi peserta didik agar beragamis di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan yaitu: (a) karena lembaga di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan berbasis islami, (b) karena visi dan misi lembaga SMP plus Nurul Hikmah Pamekasan mecetak peserta didik yang berwawasan yang tinggi dan berakhlakul karimah (c) kegiatan-kegiata yang ada di sekolah megedepankan nilai-nilai islami dan menjunjung tinggi agama islam, (d) modernisasi yang tidak sesuai dengan norma islam, (e) lingkungan di luar sekolah yang berbau negatif. Ketiga, Keberhasilan guru dalam memotivasi peserta didik agar beragamis di SMP Plus Nurul Hikma Pamekasan yaitu: (a) menciptakan peserta didik yang amar ma’ruf nahi mungkar, (b) menciptakan peserta didik yang sopan dan santun baik dari bicara dan tingkah laku, (c) selalu menjunjung tinggi ajaran agama islam seperti: melaksanaka sholat dhuha, memulai dan menutup pelajaran denga doa, melaksanakan sholat berjemaah dan lain sebagainya
Tidak tersedia versi lain