Text
PERAN CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING DALAM KEPUTUSAN MENJADI NASABAH DI BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU SAMPANG
Putri Hadiyanti, 2018, peran customer relationship marketing dalam keputusan menjadi nasabah di bank syariah mandiri kantor cabang pembantu sampang, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing : Fadllan, MA
Kata Kunci : Customer Relationship Marketing
Pesatnya pertumbuhan ekonomi dunia saat ini membuat banyak perusahaan baru muncul Hal utama yang harus diprioritaskan dalam kondisi persaingan yang ketat adalah kepuasaan pelanggan (customer satisfaction) utamanya perusahaan perbankan. Perusahaan harus melakukan suatu hubungan pemasaran pelanggan (customer relationship marketing) yang baik agar berhasil dalam perusahaan. Penelitian ini dengan judul “Peran Customer Relationship Marketing Dalam Keputusan Menjadi Nasabah di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Sampang”, memiliki rumusan masalah Bagaimana peran Customer Relationship Marketing dalam keputusan menjadi nasabah di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Sampang dan Bagaimana cara implementasi penggunaan aktivitas Customer Relationship Marketing pada nasabah Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Sampang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Customer Relationship Marketing dalam keputusan menjadi nasabah di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Sampang dan untuk mengetahui implementasi penggunaan aktivitas Customer Relationship Marketing pada nasabah Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah Branch Manager, Customer Service, dan Nasabah Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Sampang. Berdasarkan Penelitian yang telah dilakukan tentang “Peran Customer Relationship Marketing Dalam Keputusan Menjadi Nasabah di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Sampang” yaitu peran yang diutamakan dari segi pelayanannya, dimana Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Sampang menggunakan pelayanan 4p (place, produk, promosi, price). Dalam implementasi kepada calon nasabah menggunakan pemasaran secara langsung dengan cara promosi dan sosialisasi kepada calon nasabah.
Adanya customer relationship marketing bertujuan mempermudah calon nasabah untuk lebih mengenal Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Sampang dan lebih mengatuhi produk yang dimiliki. Dalam memperkenalkan dan mendapatkan nasabahnya Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Sampang telah menggunakan media massa, dan bukan hanya itu saja Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Sampang juga tetap menggunakan strategi pemasaran langsung dalam penerapan customer relationship marketing.
Tidak tersedia versi lain