Text
PENERAPAN ETIKA PERBANKAN PADA CUSTOMER SERVICE DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH DI BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH BHAKTI SUMEKAR CABANG PAMEKASAN
Radiatus Solihah, 2018, Penerapan Etika Perbankan Pada Customer Service Dalam Meningkatkan Minat Nasabah di.Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan, Skripsi, Jurusan Ekonomi Dan Bisnis Islam, Program Studi Perbankan Syariah, Pembimbing: . Dr. H. Zainal Abidin, M.EI
Kata kunci: Etika perbankan dan Customer Service
Pekerjaan seorang Customer Service adaah melayani nasabah dimana memerlukan etika yang baik. Pekerjaan ini harus ditekuni dengan penuh ketelitian dan kesabaran. Tidak semua orang dapat menjadi Customer service. Etika perbankan merupakan sebagai acuan bagi seorang karyawan bagaimana bekerja sesuai dengan langkah-langkah yang mesti di lakuakan.
Berdasarkan hal tersebut, fokus penelitian ini adalah: 1.Bagaimana penerapan etika oleh Customer Service di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bhakti Sumekar Cabang pamekasan dalam meningkatkan minat nasabah? 2.Bagaimana penerapan etika oleh Customer Service di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bhakti Sumekar dalam perspektif etika perbankan
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif, yaitu kegiatan penelitian yang meliputi pengumpulan data dalam rangka menjawab pertanyaan yang menyangkut keadaan pada waktu yang sedang berjalan dari pokok suatu penelitian. Pengumpulan datanya melalui: Wawancara, dan dokumentasi, tehnik pengumpulan data ini dapat diperoleh dari .Hairus Saleh selaku Personalia, Ayunda Mutyara selaku Customer Service.
Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa:
Pertama penerapan etika yang diterapkan oleh Customer Service di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bhakti sumekar cukup baik dan dapat meningkatkan minat nasabah.
Kedua penerapan etika oleh Customer Service di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bhakti Sumekar sudah sesuai dengan perspektif etika perbankan dimana dilamnya sudah sesuai dengan SOP. Beberapa etika perbankan yang sudah diterapkan oleh Customer service di BPRS Bhakti Sumekar ialah: a) Sopan dan ramah dalam melayani nasabah. b) menjaga perasaan seorang nasabah dengan tutur kata yang baik agar tidak tersinggung. c) Membantu sitiap keinginan dan menyelesaikan permasalah nasabah sampai selesai. d) Menahan emosi jika ada prilaku kurang baik dari nasabah. e) Melayani nasabah dengan senang hati agar nasabah senang dalam mendapatkan pelayanan oleh Customer Service.
Tidak tersedia versi lain