Text
PENGARUH PELAYANAN DAN KEUNGGULAN PRODUK QORDHUL HASANTERHADAP KEPUASAN ANGGOTA UNIT JASA KEUANGAN SYARIAH KOPERASI SUMBER ANYAR PAMEKASAN
Nuru Faridhatil Jannah, 2018 “Pengaruh Pelayanan dan Keunggulan Produk Qordhul Hasan Terhadap Kepuasan Anggota UJKS Koperasi Sumber Anyar Pamekasan”. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Fatati Nuryana, M.Si.
Kata Kunci : Pelayanan, Keunggulan Produk, Kepuasan Anggota
Bisnis perbankan di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang cukup pesat, terutama dalam bidang jasa salah satunya dalam bidang jasa keuangan. Melihat persaingan antara lembaga keuangan khususnya perbankan konvensional dan syariah sekarang ini sangat ketat, semakin disadari bahwa kinerja yang baik termasuk pemberian pelayanan dan produk unggul terbaik oleh lembaga keuangan menjadi aspek penting dan merupakan salah satu cara atau jurus yang ampuh untuk menarik minat dan meningkatkan kepuasan anggota dalam mencapai tujuan perusahaan.
Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu: pertama, apakah pelayanan dan keunggulan produk qordhul hasan berpengaruh terhadap kepuasan anggota UJKS Koperasi Sumber Anyar Pamekasan? Kedua, diantara pelayanan dan keunggulan produk qordhul hasan, manakah yang paling berpengaruh terhadap kepuasan anggota UJKS Koperasi Sumber Anyar Pamekasan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian korelasional, dengan teknik analisis regresi linear berganda, dan bantuan alat analisis SPSS versi 17. Jenis data yakni data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota pembiayaan qordhul hasan di UJKS Koperasi Sumber Anyar Pamekasan yang berjumlah 400. Sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yang ditentukan dengan rumus slovin pada tingkat kesalahan 5% dengan Responden 200 anggota di UJKS Koperasi Sumber Anyar Pamekasan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ini yaitu, kuesioner (angket).
Hasil uji signifikan secara simultan (uji F) memperoleh Fhitung 42,085 > Ftabel 3,04 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa variabel pelayanan (X1) dan keunggulan produk (X2) mempunyai pengaruh secara simultan terhadap kepuasan anggota UJKS Koperasi Sumber Anyar Pamekasan.
Variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan anggota Koperasi Sumber Anyar Pamekasan dilihat dari hasil uji t bahwa variabel Pelayanan (X1) diperoleh nilai thitung 9,171 > ttabel 1,652 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Sedangkan variabel Keunggulan produk (X2) diperoleh nilai thitung 0,693 < ttabel 1,652 dengan taraf signifikan 0,489 > 0,05. Dari hasil uji t dapat disimpulkan bahwa variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan anggota Koperasi Sumber Anyar Pamekasan yaitu variabel Pelayanan (X1) sebesar 9,171.
Tidak tersedia versi lain