Text
KORELASIPROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAMTERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MAN SAMPANG
Qorib, Wasli. 2018,Korelasi Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Minat Belajar Siswa di MAN Sampang, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Drs. H. Saiful Arif, M.Pd
Kata kunci: Profesionalisme guru pendidikan agama Islam, Minat Belajar
Profesionalisme guru merupakan kondisi, arah, nilai, tujuan dan kualitas atau keahlian dan kewenangan dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang berkaitan dengan pekerjaan seseorang yang menjadi mata pencaharian, guru yang profesional adalah guru yang memiliki kompetensi yang dipersyaratkan untuk melakukan tugas pendidikan dan pengajaran. Profesionalisme guru masa depantidak tampil lagi sebagai teacher tetapi beralih sebagai pembimbing agar siswa mampu mengembangkan potensi diri masing-masing,mengembangkan kreativitas, mengembangkan adanya keilmuan dan teknologi yang inovatif sehingga siswa mampu bersaing dalam masyarakat global. Pendidikan agama Islam adalah secara sistematis dan pragmatis dalam membentuk anak didik agar mereka hidup sesuai dengan ajaran islam. Minat belajar adalah suatu rasa lebih suka dan rasa ketertarikan terhadap pembelajaran.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama adakah korelasiprofesionalisme guru pendidikan agama Islam terhadapminat belajar siswa di MAN Sampang?. Kedua, Seberapa besar korelasi profesionalisme guru pendidikan agama Islam terhadap minat belajar siswa di MAN Sampang?.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelititan kuantitatif dengan menggunakan data statistik yang sifatnya adalah korelasi, yaitu mencari hubungan antara variabel yang satu dengan variabel yang lain; dalam hal ini mencari korelasi profesionalisme guru pendidikan agama Islam terhadap minat belajar siswa di MAN Sampang. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di MAN Sampang dengan sampel sebesar 54 orang siswa karena subjek yang diteliti keseluruhan berjumlah lebih dari 100 yakni 508siswa. Dengan teknikStratifield Proportional Random sampling.Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket sebagai data primer, sedangkan wawancara dan dokumentasi sebagai data sekunder. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis data statistik, yaitu teknik korelasi product moment dengan rumus ke-2 dalam bukunya Suharsimi Arikunto.
1. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat korelasiprofesionalisme guru pendidikan agama Islam terhadap minat belajar siswa.
Berdasarkan analisis data diketahui “r” kerja sebesar 0,590 lebih besar dari pada harga kritik productmoment dengan jumlah N=55 dalam interval kepercayaan 95%, yakni 0,266. Maka hasil konsultasi antara “r” kerja (0.590) dengan interpretasi nilai “r” diketahui bahwa nilai “r” kerja tersebut berada pada rentang angka antara 0.400-0.599 dengan interpretasi sedang.
Tidak tersedia versi lain