Text
KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI GURU DI MI NURUT TAUFIQ DSN PANDAN DESA PANGLEGUR KEC. TLANAKAN KABUPATEN PAMEKASAN
Nasihah. 2018. Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Motivasi Guru di MI Nurut Taufiq Dsn. Pandan Ds. Panglegur Kec. Tlanakan Kab. PamekasanSkripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah. Istitut Agama Islam Negeri IAIN Madura. Pembimbing : R. Taufiqur Rahman, M.Pd.I
Kata kunci: Kepemimpinan, meningkatkan motivasi
Manajemen pendidikan adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana menata sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara produktif dan bagaimana menciptakan suasana yang baik bagi manusia yang turut serta didalam mencapai tujuan yang disepakati.
Dalam kaitannya dengan pengembangan pendidikan, kepala sekolah mempunyai peran dan tugas yang sangat penting. Hal ini dikarenakan kepala sekolah sebagai seorang pemimpin merupakan salah satu faktor yang mendorong bagi kemajuan dunia pendidikan. Oleh karena itu penulis merasa tertarik untuk mengadakan penelitian di Dsn. Pandan Ds. Panglegur Tlanakan Pamekasan dengan judul: Kepemimpinan dalam Meningkatkan Motivasi Guru di Dsn. Pandan Ds. Panglegur Tlanakan Pamekasan dengan tujuan 1). Untuk mengetahui Kepemimpinan dalam Meningkatkan Motivasi Guru di Dsn. Pandan Ds. Panglegur Tlanakan Pamekasan 2. Untuk mengetahui proses Kepemimpinan dalam Meningkatkan Motivasi Guru di Dsn. Pandan Ds. Panglegur Tlanakan Pamekasan 3). Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan kepala sekolah dalam melakukan inovasi manajemen pendidikan di Dsn. Pandan Ds. Panglegur Tlanakan Pamekasan
Metode yang penulis gunakan dalam penulisan skripsi ini diawali dengan penentuan subyek penelitian, kemudian pengumpulan data menggunakan metode interview, observasi dan dokumentasi adalah diskriptif kualitatif.
Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diperoleh kesimpulan bahwa (1) Tentang kepemimpinan kepala sekolah sebagai seorang pemimpin yang terbuka dan dinamis mau menerima masukan dari bawahannya dalam pengambilan keputusan. Beliau juga mempunyai tanggung jawab yang sangat penting, memiliki kemampuan-kemampuan dan ketrampilan, diantaranya adalah: mempunyai kemampuan dalam mengorganisasi baik kepada staf maupun pada karyawan lainnya, mempunyai kemampuan untuk membangkitkan dan memupuk kepercayaan pada diri sendiri maupun pada guru yang lain, mempunyai kemampuan untuk mendorong serta membimbing para guru dan staf lainnya, serta mempunyai kemampuan dalam membentuk kerjasama antar sesama tenaga pendidik dan dengan instansi-instansi terkait. (2) proses meningkatkan motivasi guru meliputi strategi belajar mengajar, pengelolaan siswa, dan pengelolaan tenaga pendidik. (3) Tentang faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat Kepemimpinan dalam Meningkatkan Motivasi Guru adalah: faktor pendukungnya: adanya kegigihan usaha dari para tenaga pendidik di Dsn. Pandan Ds. Panglegur Tlanakan Pamekasan dalam menciptakan madrasah yang berkualitas yang mampu menjawab tantangan dimasa datang
Tidak tersedia versi lain