Text
STRATEGI GURU DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MI TARBIYATUL MUBTADIIN TEROSAN SEJATI CAMPLONG SAMPANG
Khoniyah, 2018. Strategi Guru dalam Pengembangan Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MI. Tarbiyatul Mubtadiin Terosan Sejati Sampang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Madura. Pembimbing: Dr Edi Susanto, M.Fil.I.
Kata Kunci: Strategi, Pengembangan, Pembelajaran.
Pendidikan merupakan faktor yang sangat esensial dalam kehidupan manusia, karena pendidikan disini adalah proses sosialisasi yakni manusia harus mampu menterjemahkan konsep pendidikan dalam realitas kehidupan untuk mewujudkan tujuan pendidikan tersebut dibutuhkan adanya lembaga pendidikan yang respek terhadap persoalan dan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang. Keberadaan Al-Qur’an Hadits di MI. Tarbiyatul Mubtadiin Terosan Sejati Sampang belum banyak mengubah keadaan. Disebabkan karena terjadinya sistem dikotomi pendidikan, di sebabkan pelajaran umum yang menomorduakan Al-Qur’an Hadits, sehingga guru agama kehilangan nyali untuk terus mengembangkan strategi Al-Qur’an Hadits, kalaupun terkadang potensi itu ada. Dalam pembelajaran sehingga anak didik jelas dengan mata pelajaran yang dianggap menoton dan tidak menoton sehingga mengakibatkan tidak berhasilnya sebuah pembelajaran. Jadi perlu adanya suatu bentuk strategi yang handal, supaya pelajaran Al-Qur’an Hadits di sekolah umum menarik minat siswa. Berbicara mengenai strategi pembelajaran Al-Qur’an Hadits di sekolah umum itu tentunya tidak cukup dengan satu strategi, harus ada tidak lanjud dan harmonisasi hubungan antara guru agama dengan guru umum serta masyarakat setempat.
Metode penelitian yang di gunakan dalam peneliti ini adalah metode penelitian kualitatif. Dilihat dari jenisnya, penelitian ini merupakan penelitian kasus, karena penelitian ini dilakukan secara intensif, terinci dan mendasar tentang suatu lembaga, dimana peneliti mengambil kasus ”strategi guru dalam pengembangan pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MI. Tarbiyatul Mubtadiin Terosan Sejati Sampang”. data-data yang terkumpul di peroleh dengan menggunakan beberapa metode pengumpulan data, yaitu: (1) metode wawancara (2) metode dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dan terkumpul dari kegiatan lapangan dan analisis secara kualitatif dengan teknik pengelompokan data, selanjutnya diambil kesimpulan. Usaha pengelompokan data sampai pengambilan kesimpulan ini dilakukan dengan meringkas data pada penelitian ini menggunakan deskriftif analisis yaitu dengan cara memadukan yang jitu data-data dengan berfikir deduksi dan induksi untuk mengambil kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MI. Tarbiyatul Mubtadiin Terosan Sejati Sampang konsen pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Terbukti dengan berbagai upaya yang dilakukan demi berhasinya strategi guru dalam peningkatan pembelajaran Al-Qur’an Hadits di sekolahan umum secara makro. Strategi di MI. Tarbiyatul Mubtadiin Terosan Sejati Sampang tersebut melakukan strategi-strategi khusus yang jitu antara lain: penyampaian pelajaran Al-Qur’an Hadits secara integral, hal ini dilakukan untuk mempermuda siswa dalam memahami pelajaran Al-Qur’an Hadits. Mengadakan latihan-latihan berupa kegiatan ekstra kurikuler dalam bentuk kerohanian dan baca tulis Al-Qu’an untuk semua kelas antara kelas 1,2, 3, 4, 5 dan 6. mengadakan evaluasi bersama setelah pembelajaran (keharmonisan guru agama dan guru umum) di hapusnya dikotomi pendidikan.
Tidak tersedia versi lain