Text
PENERAPAN STRATEGI INQUIRI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDI MIFTAHUS SHUDUR DSN. TENGGINAH DS. TAMBAAN KEC. CAMPLONG KABUPATEN SAMPANG
Mohammad Ali Makki, 2018. Penerapan Strategi Inquiri Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Miftahus Shudur Dsn. Tengginah Ds. Tambaan Kec. Camplong Kab. Sampang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri IAIN Madura. Pembimbing: H. Muhammad Jamaluddin, M.Pd.
Kata Kunci: Penerapan Startegi, Inkuiri, pembelajaran PAI.
Perkembangan masyarakat Indonesia berjalan kian hari kian cepat. Salah satu faktor yang berpengaruh sangat besar terhadap kecepatan ini adalah pembangunan nasional. Ada banyak pengaruh yang memberikan arah kepada pembangunan nasional. Pengaruh yang sangat menonjol berasal dari penerapan ilmu dan teknologi. Pendekatan dan metode belajar yang digunakan tampak masih “klasik”, dalam arti masih mewariskan sejumlah materi pelajaran agama yang diyakini benar untuk disampaikan kepada anak didik tanpa memberikan kesempatan kepada mereka agar disikapi secara kritis. Metode yang digunakan masih bercorak menghafal, mekanis, dan lebih mengutamakan pengkayaan materi. peserta didik. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan merubah pendekatan dan metode dalam kegiatan belajar mengajar yang ada selama ini. pendekatan kontekstual dengan metode inkuiri merupakan salah satu alternatif untuk melakukan perubahan pembelajaran.
Maka fokus penelitian ini yaitu, 1). Bagaiman penerapan strategi inquiri dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam di SDI Miftahus Shudur Dsn. Tengginah Ds. Tambaan Kec. Camplong Kab. Sampang, 2). Apa faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan pendekatan strategi inquiri dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SDI Miftahus Shudur Dsn. Tengginah Ds. Tambaan Kec. Camplong Kab. Sampang?
Sehubungan dengan penelitian tersebut, penelitian menggunakan tehnik pengumpulan data yang meliputi metode interview, metode observasi, dan metode dokumentasi. Setelah data terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Pemilihan metode yang sesuai dengan sifat dan jenis bahan atau materi pelajaran yang akan disampaikan dalam kegiatan pembelajaran, penggunakan metode-metode yang mengarah kepada strategi inquiri. Dimana metode-metode tersebut bersifat variatif dan disesuaikan dengan materi pelajaran, situasi, dan kondisi kegiatan belajar mengajar agar tidak jenuh dan membosankan. Hasil dari penelitian antara lain: 1). Menggerakkan siswa agar aktif belajar, diperlukan keterlibatan secara terpadu, seimbang, dan berkesinambungan mempunyai dampak yang positif yaitu siswa menjadi termotivasi, kadar keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar PAI menjadi meningkat, dan hasil dari pembelajaran (evaluasi) tersebut semakin baik. 2). Penerapan Strategi inquiri dalam pembelajaran PAI dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor penghambat dan faktor pendukung. Diantara faktor-faktor yang mendukung adalah adanya sarana dan sumber belajar yang memadai, minat belajar siswa yang tinggi, dan semangat serta profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam dalam membimbing anak didiknya. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat antara lain adanya sebagian dari siswa yang masih enggan untuk mengemukakan pendapatnya, dan latar belakang siswa yang berbeda-beda
Tidak tersedia versi lain