Text
KREATIFITAS GURU PAI DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MAARIF 5 PAMEKASAN
Badrul Hosni 2018, Kreatifitas guru PAI dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa pada Mata pelajaran Pendidikan Agma Islam di SMP Maarif 5 Pamekasan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing Dr. Atiqullah
Kata kunci : Kreatifitas guru PAI , Minat Belajar Siswa
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana wujud Kreatifitas guru PAI dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa pada Mata pelajran Pendidikan Agma Islam di SMP Maarif 5 Pamekasan? (2) Apa saja kendala Kreatifitas guru PAI dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa pada Mata pelajran Pendidikan Agma Islam di SMP Maarif 5 Pamekasan? (3) Upaya mengatasi kendala Kreatifitas guru PAI dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa pada Mata pelajran Pendidikan Agma Islam di SMP Maarif 5 Pamekasan?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. (1) Untuk mengetahui Bagaimana wujud Kreatifitas guru PAI dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa pada Mata pelajran Pendidikan Agma Islam di SMP Maarif 5 Pamekasan (2) Untuk mengetahui Apa saja kendala Kreatifitas guru PAI dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa pada Mata pelajran Pendidikan Agma Islam di SMP Maarif 5 Pamekasan (3) Untuk mengetahui Upaya mengatasi kendala Kreatifitas guru PAI dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa pada Mata pelajran Pendidikan Agma Islam di SMP Maarif 5 Pamekasan
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitaif, sumber data penelitian ini adalah kepala, guru dan sebagian siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengecekan pengorganisasian, dan pengkodean. Sedangkan pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi dan analisis kasus negatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Wujud Kreatifitas guru PAI dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa pada Mata pelajran Pendidikan Agma Islam di SMP Maarif 5 Pamekasan adalahGuru melakukanpembinaan kedisiplinan peserta didik supaya siswa patuh pada peraturan,Guru menjadi pembimbing peserta didik, agar siswa aktif mengikuti kegiatan pembelajaran, Guru berperan sebagai motivator, menumbuhkan interaksi kegiatan pembelajaran dan Guru menjadi teman/patner dalam kelas karena dengan kreatifitas guru, mampu melibatkan siswa secara langsung dalam proses belajar mengajar (2) Kendala Kreatifitas guru PAI dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa pada Mata pelajran Pendidikan Agma Islam di SMP Maarif 5 Pamekasan kendalanya pertama masalah waktu yang tersedia (ketersediaan waktu dengan luas materi tidak cukup dalam mengadakan bimbingan dan pembinaan) yang Kedua berhubungan dengan masalah pendanaan dan kondisi perekonomian orang tua murid (aktivitas seperti apapun pasti membutuhkan dana). ketiga kondisi psikologis siswa (untuk menyampaikan pesan, guru harus melihat kondisi siswa yang pas dan tepat) sedangkan pendukungnya berhubungan terjalinnya hubungan yang baik antara guru dengan murid dan diantara sesasama murid, terjalinnya komunikatif yang aktif. Dan kemandirian siswa dalam menyelesaikan masalah (3) Upaya mengatasi kendala Kreatifitas guru PAI dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa pada Mata pelajran Pendidikan Agma Islam di SMP Maarif 5 Pamekasan, Guru mempunyai rasa empati terhadap siswa agar siswa merasa di pedulikan,Menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa agar mampu menyelelesaikan problem yang hadapi.
Tidak tersedia versi lain