Text
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI PADA AKTIFITAS SISWA DI SMP AL HIKMAH GUGUL TLANAKAN PAMEKASAN
Mesno 2018, Penerapan Strategi Pembelajaran Berorientasi pada Aktivitas Siswa di SMP Al Hikmah Gugul Tlanakan Pemakasan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing Buna’i, S.Ag, M.Pd
Kata kunci : Strategi Pembelajaran , Strategi Pembelajaran
Ada empat fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana Penerapan Strategi Pembelajaran Berorientasi pada Aktivitas Siswa di SMP Al Hikmah Gugul Tlanakan Pemakasan? (2) Apa saja kendala yang dihadapi pada penerapan Strategi Pembelajaran di SMP Al Hikmah Gugul Tlanakan Pemakasan? (3) Bagaimana solusi mengatasi kendala Penerapan Strategi Pembelajaran Berorientasi pada Aktivitas Siswa di SMP Al Hikmah Gugul Tlanakan Pemakasan? (4) Bagaimana respon siswa terhadap upaya penin Penerapan Strategi Pembelajaran di SMP Al Hikmah Gugul Tlanakan Pemakasan?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. (1) Untuk mengetahui persiapan pelaksanaan pembelajaran interaktif dalam mencapai standar ketuntasan minimal di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Fatah Rombuh Palengaan Pamekasan (2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran interaktif dalam mencapai standar ketuntasan minimal di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Fatah Rombuh Palengaan Pamekasan (3) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran interaktif dalam mencapai standar ketuntasan minimal di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Fatah Rombuh Palengaan Pamekasan
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitaif, sumber data penelitian ini adalah kepala, guru dan sebagian siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengecekan pengorganisasian, dan pengkodean. Sedangkan pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi dan analisis kasus negatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan Strategi Pembelajaran Berorientasi pada Aktivitas Siswa di SMP Al Hikmah Gugul Tlanakan Pemakasan adalah Pertama, , guru telah mengenal dengan baik istilah Strategi pembelajaran dan macam jenis strategi hanya tekniknya berbeda serta telah menerapkannya dalam proses belajar mengajar sesuai dengan tuntutan dan amanah kurikulum (2) Kendala yang dihadapi pada penerapan Strategi Pembelajaran di SMP Al Hikmah Gugul Tlanakan Pemakasan karena ketidak tersidiaan alat pendukung saat menggunakan Strategi pembelajaran. Guru merasa lebih mantap menggunakan Strategi pembelajaran yang sederhana dan lebih praktis, bahkan cenderung mempraktikkannya secara langsung (3) Solusi mengatasi kendala Penerapan Strategi Pembelajaran Berorientasi pada Aktivitas Siswa di SMP Al Hikmah Gugul Tlanakan Pemakasan, Guru berusaha mengatasi kendala penggunaan Strategi pembelajaran dengan sederhana, a) Guru memahami strategi hanya sebagai alat bantu saja, b) Guru menggunakan strategi pembelajaran yang sederhana, c) Guru merasa perlu kemampuan atau kompetensi mengajarnya penting untuk dimutakhirkan oleh instansi terkait dengan harapan dapat melayani siswa dengan lebih baik, (4) Respon siswa terhadap upaya penin Penerapan Strategi Pembelajaran di SMP Al Hikmah Gugul Tlanakan Pemakasan respon siswa pada penggunaan Strategi pembelajaran dapat dikatakan baik terbukti Strategi pembelajaran a) siswa senang belajar, b) siswa merasa dapat dengan mudah menguasai materi c) dengan dengan strategi, merasa senanga belajar dengan kemampuan baik kemandirian berpikir belajar untuk belajar bertanggung jawab
Tidak tersedia versi lain