Text
ANALISIS PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS AL-AMIN JAMBU LENTENG SUMENEP MADURA
Amriyani, 2018, Analisis Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan
Pemahaman Siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Al-Amin Jambu Lenteng
Sumenep Madura, Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam. Jurusan
Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. H. Mohammad Kosim, M. Ag.
Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Pemahaman siswa, Pelajaran Fiqih.
Multimedia interaktif adalah suatu tampilan multimedia yang dirancang
agar tampilannya memenuhi fungsi menginformasikan pesan dan memiliki
interaktifitas dengan penggunanya agar bisa meningkat pemahaman siswa.
Pelajaran Fiqih adalah sebagai mata pelajaran yang membutuhkan media dalam
pembelajaran.
Berdasarkan hal tersebut fokus penelitian ini yaitu: pertama bagaimana
penggunaan multimedia interaktif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada
mata pelajaran Fiqih di MTs Al-Amin Jambu? Kedua faktor apa saja yang
mendukung dan menghambat penggunaan multimedia interaktif dalam
meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Al-Amin
Jambu? Dan yang ketiga bagaimana gambaran keberhasilan penggunaan
multimedia interaktif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran
Fiqih di MTs Al-Amin Jambu Lenteng Sumenep Madura?
Penelitian ini menggunakah metode fiel research (penelitian lapangan).
Lokasi penelitian di Madrasah Tsanawiyah Al-Amin Jambu Lenteng Sumenep
Madura. Metode pengumpulan datanya diperoleh melalui wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Jenis penelitiannya, yaitu kualitatif, yakni prosedur penelitian
yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-
orang dan perilaku yang dapat diamati.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa pertama dalam penggunaan
multimedia interaktif langkah yang dilakukan meliputi persiapan, pelaksanaan dan
tindak lanjut. Sebelum pelaksanaan pembelajaran, guru memahami kurikulum
yang berlaku terutama tentang kemampuan atau kompetensi yang harus dicapai
setelah mempelajari suatu materi pembelajaran dan menyesuaikan penggunaan
media interaktif dengan materi yang diajarkan supaya hasilnya maksimal. Kedua
faktor yang menjadi penghambat dalam penggunaan multimedia interaktif
meliputi sarana dan prasarana kurang memadai khususnya media pembela
jarannya, tenaga pengajar atau guru belum cukup memiliki keterampilan tentang
cara menggunakan media, dan tidak semua materi dalam pelajaran fiqih di kelas
dapat menggunakan multimedia interaktif. Dan faktor pendukungnya yakni dapat
mempermudah dan mempercepat guru menyajikan materi pembelajaran dalam
proses pembelajaran sehingga memudahkan siswa untuk mengerti dan
memahaminya. Ketiga respon siswa terhadap proses pembelajaran dengan
menggunakan multimedia interaktif siswa merasa lebih mudah dalam memahami
materi yang diterima, dan dapat diketahui bahwa respon siswa terhadap media
pembelajaran multimedia interaktif siswa merasa senang pada saat pembelajaran
dan siswa merasa tidak jenuh dan terasa variatif dalam proses pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain