Text
PENGEMBANGAN KETERAMPILAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM KURIKULUM 2013 BAGI SISWA DI MTs HIDAYATUN NAJAH SAMIRAN PROPPO PAMEKASAN
ABSTRAK
Farid Nor Hamdi, 2018, Pengembangan Keterampilan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kurikulum 2013 bagi Siswa di MTs Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Dr. Siswanto, M.Pd.I
Kata Kunci : Pengembangan, Keterampilan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Adanya perubahan kurikulum pendidikan dari Kurikulum 2006 ke Kurikulum 2013 secara langsung berdampak pada pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang awalnya masuk dalam mata pelajaran wajib kemudian dihilangkan pada Kurikulum 2013. Maka membutuhkan strategi tersendiri bagi lembaga pendidikan untuk melakukan pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, hal ini tidak menutup kemungkinan juga dialami oleh MTs Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan yang harus berpikir keras untuk mengatasi permasalahan tersebut.
Adapun fokus permasalahan pada penelitian ini pertama adalah bagaimana urgensi penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi, yang kedua adalah bagaimana pengembangan keterampilan Teknologi Informasi dan Komunikasi dilaksanakan, dan yang ketiga adalah bagaimana keberhasilan dari pengembangan keterampilan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kurikulum 2013 bagi siswa di MTs Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan.
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan urgensi penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi, untuk mengetahui pengembangan keterampilan Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta untuk mengetahui keberhasilan pengembangan keterampilan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kurikulum 2013 bagi Siswa di MTs Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari Kepala Sekolah, Pembina, Laboran dan Siswa sebagai informan dalam penelitian ini. Dan dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi dan kecukupan referensi.
Hasil penelitian tersebut adalah: 1) Penguasaan keterampilan Teknologi Informasi dan Komunikasi di MTs Hidayatun Najah sangatlah penting demi menghadapi kemajuan zaman. 2) Upaya yang dilakukan meliputi; Melakukan pengadaan sarana prasarana serta fasilitas yang dibutuhkan, menyiapkan SDM yang mumpuni dan memiliki kapabilitas, serta pola dan sistem yang digunakan sangat variatif, komunikatif, dan menyenangkan. 3) Pengembangan keterampilan Teknologi Informasi dan Komunikasi sudah cukup berhasil dengan memperhatikan indikator seperti; sistem dan strategi pengajaran berjalan baik dalam keterbatasan sarana prasarana, adanya perubahan keilmuan dari peserta didik, dan terlaksananya tujuan-tujuan dari diadakannya pengembangan keterampilan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kurikulum 2013 bagi Siswa di MTs Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain