Text
PENERAPAN METODE DISKUSI (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASISISWA DALAM MATA PELAJARAN FIQIH) DI MTS AR-RAUDLAH SANA LAOK WARU PAMEKASAN
Fathollah, 2018 Judul: “Penerapan Metode Diskusi (Upaya Meningkatkan Prestasi Siswa dalam Mata Pelajaran Fiqih) di Mts Ar-Raudlah Sana Laok Waru Pamekasan” Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam. Jurusan Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Pembimbing:Drs. H. ZainolHasan, M. Ag
Kata Kunci:MetodeDiskusi, PrestasiBelajar, dan fiqih
Metode pembelajaran merupakan rangkaian kegiatan yang termasuk penggunaan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran. Dalam menerapkan suatu metode pasti seorang pendidik mempunyai langkah-langkah tersendiri dalam mengaplikasikan metode yang digunakan dalam kegiatan proses pembelajaran, tidak menutup kemungkinan, seperti yang dilakukan oleh guru MTs Ar-Raudlah sana Laok Waru Pamekasan, yang memiliki cara atau langkah tersendiri dalam mengaplikasikan strateginya dalam mengajar, yang mana guru MTs Ar-Raudlah sana Laok Waru Pamekasan menggunakan enam langkah dalam menerapkan atau mengaplikasikan metode diskusi pada mata pelajaran fiqih
Sesuai konteks penilitian diatas, maka fokus penilitian ini dirumuskan sebagai berikut:Pertama, Apa saja jenis-jenis metode diskusi (upaya meningkatkan prestasi siswa dalam mata pelajaran fiqih) di MTs Ar-Raudlah Sana Laok Waru Pamekasan. Kedua,Bagaimana pola penerapan metode diskusi (Upaya Meningkatkan Prestasi Siswa Dalam Mata Pelajaran Fiqih) di MTs Ar-Raudlah Sana Laok Waru Pamekasan. Ketiga, Apa saja kelebihan dan kekurangan metode diskusi (upaya meningkatkan prestasi siswa dalam mata pelajaran fiqih) di MTs Ar-Raudlah Sana Laok Waru Pamekasan.
Metode penilitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Dengan jenis deskriftif.Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.Informannya adalah guru dan siswa.Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, triangolasi.
Hasil penilitian menunjukkan bahwa: pertama, metode yang digunakan guru dalam menggunakan metode diskusi yaitu: a),jenisdiskusi kelas dengan menunjuk salah satu siswa sebagai notulen dan moderator, dan b), jenis diskusi kelompok dengan cara membentuk kelompok dan memberikan tema untuk dibahas bersama, Kedua,Langkah-Langkah yang digunakan, yaitu: a), memberikanarahan yang jelas setelah itu membagi siswanya menjadi kelompok, b), memerintah siswanya untuk melakukan diskusi dengan kelompokya masing-masing, c), setelah itu beliau menyuruh siswanya untuk mengumpulkan hasil diskusinya dan, d), beliau menyimpulkan hasil dari diskusi yang dilakukan oleh siswa dan memberikan tugas kepada siswanya. ketiga,sedangkan kesulitan yang dihadapi guru dalam dalam menggunakan metode diskusi, yaitu: a), dari faktor internal, dan b), faktor eksternal
Tidak tersedia versi lain