Text
KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS MADRASAH DI MA AL-HUDA SUMBER NANGKA DUKO TIMUR LARANGAN PAMEKASAN
Yuyun Shoviana, 2018, Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Produktivitas Madrasah Di MA Al-Huda Sumber Nangka Duko Timur Larangan Pamekasan, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura Pembimbing: Dr. H. Saiful Hadi, M. Pd
Kata Kunci : Kepemimpinan Transformasional, Produktivitas Madrasah.
Kepemimpinan dinyatakan sebagai faktor penentu yang kritis dari inisasi dan implementasi dari trasnformasi/perubahan dalam organiassi. Kepemimpinan merupakan hal yang berhubungan secara terus menerus tergantung pada sudut mana memandang. Salah satu jenis kepemimpinan yang baik diterapkan dalam lembaga pendidikan yaitu kepemimpinan trasnformasional menunjuk pada proses membangun komitmen terhadap sasaran organisasi dan memberi kepercayaan kepada para pengikutnya untuk mencapai tujuan tersebut. Produktivitas sangat terkait dengan creation of value artinya saat organisasi dikatakan memiliki produktivitas yang tinggi berarti organisasi telah menambah nilai lebih keada produk yang dihasilkan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana implementasi kepemimpinan transformasional kepala madrasah di MA Al-Huda Sumber Nangka Duko Timur Larangan Pamekasan; kedua, Bagaimana tingkat produktivitas madrasah di MA Al-Huda Sumber Nangka Duko Timur Larangan Pamekasan; ketiga, Apa saja Factor pendukung tingkat produktivitas madrasah di MA Al-Huda Sumber Nangka Duko Timur Larangan Pamekasan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti, seperti kepala madrasah, Waka Sarana dan prasarana, serta beberapa Guru di MA Al-Huda Sumber Nangka. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui derajat kepercayaan (credibility).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) implementasi kepemimpinan transformasional kepala madrasah. Kepemimpinan di MA Al-Huda Sumber Nangka menerapkan kepemimpinan transfromasional, pemimpin selalu melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dan mampu memotivasi dan mendapatkan kepercayaan dari bawahannya. b) tingkat produktivitas madrasah. Tingkat produktivitas madrasah dilihat dari 3 fungsi yaitu fungsi pelayanan, fungsi administrasi, dan fungsi pembiayaan. c) faktor penghambat dan pendukung produktivitas madrasah. Faktor penghambat yaitu kurang maksimalnya kinerja guru, pendanaan yang tidak bisa langsung di akses. Faktor pendukung yaitu, adanya peran pesantren, peran kepemimpinan transformasional dalam madrasah
Tidak tersedia versi lain