Text
IMPLEMENTASI KONSEP DEMOKRASI PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH AL-MUJTAMA’ PLAK-PAK PAGANTENAN PAMEKASAN
Mat Nasir, 2018, Implementasi Konsep Demokrasi Pendidikan di MA Al-Mujtama’ Plak-Pak Pegantenan Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dr. Mohammad Kosim, M.Ag.
Kata Kunci: Demokrasi Pendidikan
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran sebagian guru yang masih bercorak Teacher Oriented, yaitu dominasi guru dalam proses pembelajaran sangat menonjol dalam mempengaruhi dan menguasai suasana belajar sehingga tidak memungkinkan siswa terlibat dalam proses pembelajaran. Sehingga peserta didik yang baik menurut pembelajaran ini adalah anak yang penurut, tidak kritis serta mematuhi segala aturan yang sudah ada, kondisi seperti menjadikan siswa terkekang dan kurang mendapatkan kebebasan dalam menyampaikan imajenasinya. Karena proses pembelajaran seperti ini dianggap tidak menguntungkan sama sekali bagi perkembangan alami secara optimal bagi peserta didik, maka sangatlah penting untuk mengimplementasikan konsep demokrasi pendidikan di MA Al-Mujtama’ Plak-Pak Pegantenan Pamekasan.
Berdasarkan hal di atas maka permaslahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama pelaksanaan demokrasi pendidikan di Madrasah Aliyah Al-Mujtama’ Plak-Pak Pegantenan Pamekasan, kedua Faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan demokrasi pendidikan di Madrasah Aliyah Al-Mujtama’ Plak-Pak Pegantenan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk memberikan gambaran mengenai pelaksanaan demokrasi pendidikan dalam proses pembelajaran di Madrasah Aliyah Sumber bungur Pakong Pamekasan jenis penelitian adalah prosedur pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru, serta siswa Madrasah Aliyah Al-Mujtama’ Plak-Pak Pegantenan Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melaui perpanjangan keikutsertaan peneliti, triangulasi, analisa kasus negatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi konsep demokrasi pendidikan di MA Al-Mujtama’ Plak-Pak Pegantenan Pamekasan telah dilaksanakan dengan baik berkat kerjasama antara siswa dan pendidik yang diwujudkan dalam nilai-nilai demokrasi, yaitu: 1. Kerjasama, 2. Kebebasan berpendapat, 3. Kebebasan berkelompok, 4. Menghormati orang lain. Factor pendukung dalam mengimplementasikan konsep demokrasi pendidikan, diantaranya: 1. Kurikulum, 2. Sarana dan prasarana, 3. Budaya madrasah yang menganut pada budaya disiplin, 4. Kepemimpinan. Sedangkan factor penghambat dalam mengimlementasikan konsep demokrasi pendidikan, diantaranya: 1. Tidak adanya dukungan dari orang tua, 2. Lingkungan masyarakat yang kurang memberikan contoh kehidupan yang demokratis, 3. Keterbatasan biaya yang dimiliki oleh pihak madrasah karena kurangnya biaya operasional madrasah dari pemerintah, dan 4. Perbedaan individual siswa dimana siswa ada yang kemampuan berpikirnya tinggi, sedang dan bahkan lemah.
Tidak tersedia versi lain