Text
STRATEGI MENINGKATKAN SUMBER DANA PENDIDIKAN MELALUI PENGELOLAAN RENCANA KEGIATAN ANGGARAN MADRASAH (RKAM) DI MTs AS-SALAFIYAH SUMBER DUKO PAKONG PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2017-2018
ABSTRAK
Sriwahyuni, 2018. “Strategi Meningkatkan Sumber Dana Pendidikan Melalui Pengelolaab Rencana Kegiatan Anggaran Madrasah di MTs As-Salafiyah Sumber Duko Pakong Pamekasan”, Skripsi, Program Studi MPI, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. Siswanto. M.Pd.I.
Katakunci: Sumber Dana, Pengelolaan Kegiatan Anggaran Madrasah.
Dalam penyelenggaraan pendidikan, keuangan dan pembiayaan merupakan potensi yang sangat menentukan dan merupaka bagian yang tak terpisahkan dalam kajian administrasu dan manajemen keuangan. Sehingga sumder dana pendidikan sangat diperlukan di dalam suatu lembaga pendidikan.
Ada tida permasalahan dalam penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu, (1) apa saja sumber dana pendidikan yang ada di MTs As-Salafiyah Sumber Duko Pakong Pamekasan. (2) Strategi Pengelolaan Rencana Kegiatan Anggaran Madrasah dalam Meningkatkan Sumber Dana Pendidikan di MTs As-Salafiyah Sumber Duko Pakong Pamekasan. (3) dampak dalam meningkatkan sumber dana pendidikan melalui pengelolaan Rencana Kegiatan Anggaran Madrasah (RKAM) di MTs As-Salafiyah Sumber Duko Pakong Pamekasan.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Apa saja sumber dana pendidikan yang ada di MTs As-Salafiyah Sumber Duko Pakong Pamekasan. (2) Untuk mengetahui Strategi Pengelolaan Rencana Kegiatan Anggaran Madrasah dalam Meningkatkan Sumber Dana Pendidikan di MTs As-Salafiyah Sumber Duko Pakong Pamekasan. (3) Untuk mengetahui dampak dalam meningkatkan sumber dana pendidikan melalui pengelolaan Rencana Kegiatan Anggaran Madrasah (RKAM) di MTs As-Salafiyah Sumber Duko Pakong Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sumber data adalah kepala madrasah, bendahara dan komite madrasah. Prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik pengecekan keabsahan data adalah perpanjangan kehadiran peneliti, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan metode analisis kasus negatif.
Dari penelitian ini, peneliti menemukan hasil penelitian dari Strategi Meningkatkan Sumber Dana Pendidikan Melalui Pengelolaan Rencana Kegiatan Anggaran Madrasah di MTs As-Salafiyah Sumber Duko Pakong Pamekasan tahun pelajaran 2017-2018 yaitu, pertama, sumber dana pendidikan yang ada di MTs As-Salafiyah ialah sumber dana dari pemerintah melalui dana BOS, sumber dana dari yayasan, sumber dana dari orang tua siswa dan sumber dana dari alumni. Kedua, strategi pengelolaan rencana kegiatan anggaran madrasah dalam meningkatkan sumber dana pendidikan ialah melalui usaha madrasah, dimana sumber dana madrasah bertambah melalui usaha madrasah tersebut. usaha tersebut didirikan oleh ketua yayasan atas inisiatif kepala madrasah yang kemudian dihibbahkan kepada lembaga MTs As-Salafiyah untuk meningkatkan sumber dana pendidikanya. Ketiga, memperbaiki fasilitas madrasah, meningkatkan prestasi siswa, dan meningkatkan sumber kinerja guru.
Tidak tersedia versi lain