Text
PERANAN GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MD BAHRUL ULUM MAJUNGAN KECAMATAN PADEMAWU KABUPATEN PAMEKASAN
Moh.Wardi. Skripsi 2018, Peran Guru Kelas Dalam Meningkatkan Minat Belajar Sisw, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Pamekasan
Dosen Pembimbing: ……..
Kritik dan sekaligus solusi terhadap pendidikan agama yang sedang berlangsug di sekolah madrasah. Mochtar Bukhori (1992), misalnya menilai kegagalan pendidikan agama yang disebabkan karena praktek pendidikan hanya mengedepankan aspek kognitif semata tumbuh dari nilai kesadaran (agama) mengabaikan pembinaan afektif, konatif kegiatan sekolah, maka dari itu sejauh mana langka yang baik dalam pemberdayaan pendidikan agama patut diteruskan dan selalu bisa mengimbangai pendidikan umum.
Untuk menyikapi hal di atas, beberapa problematik dalam negeri terutama dalam bidang SDM Indonesia yang lemah ditambah lagi dekadensi moral, maka dari sinilah muncul dari beberapa gagasan demi kwalitas pendidikan kita terutama dalam pendidikan agama perlu untuk diberdayakan dengan kwalitas yang baik.
Dalam kenyataanya pendidikan agama Islam terasa kurang terkait dan kurang Concent terhadap persoalan bagaimana mengubah pengetahuan agama yang bersifat kognitif menjadi “makna” dan “nilai” yang perlu diinternalisasikan dalam diri seorang dengan cara, metode, media dan forum, selanjutnya makna yang terhayati menjadi sumber motivasi bagi peserta didik untuk bergerak dan prilaku secara kongkret-agamis dalam wilayah kehidupan sehari-hari, dan perlu adanya pendekatan, baik secara internal sekolah maupun eksternal sekolah, dan meningkatkan profesionalitas guru serta meninggkatkan kebutuhan obyektivitas siswa yakni sarana prasarana, lingkungan dan kerjasama antar guru dan siswa serta karyawan dan masyarakat luas demi pendidikan Islam itu untuk lebih maju.
Untuk menyikapi hal di atas maka yang dimaksud pemberdyaan pendidikan Islam adalah. Membangun sebuah konsep sebagai alternatif yang diperlukan masyarakat luas dengan landasan formal demi tujuan yang hendak dicapai pendidikan Islam, dengan menejemen yang cocok dan terkait dengan lembaga yang hendak memberdayakan.
Sedangkan tujuan Guru Kelas adalah bersifat konstruktif untuk kemajuan yang akan dicapai, yang terkait dengan lembaga atau organisasi setempat, Minar Belajar siswa itu sendiri, yakni penselarasan untuk menyatukan keputusanan dan konstribusi serta skill yang baik sesuai dengan keinginan sekolah dan masyarakat untuk terwujudnya manusia sebagai hamba Allah yang baik
Tidak tersedia versi lain