Text
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN LARANGAN LUAR II LARANGAN PAMEKASAN
Ernawari, 2018. Pelaksanaan pembelajaran PAI di SDN Larangan Luar II Larangan Pamekasan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Madura. Pembimbing: Dr Abd. Mukhid, M.Pd.
Kata Kunci: Pembelajaran, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).
Pendidikan merupakan faktor yang sangat esensial dalam kehidupan manusia, karena pendidikan disini adalah proses sosialisasi yakni manusia harus mampu menterjemahkan konsep pendidikan dalam realitas kehidupan untuk mewujudkan tujuan pendidikan tersebut dibutuhkan adanya lembaga pendidikan yang respek terhadap persoalan dan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang. Keberadaan PAI di SDN Larangan Luar II Larangan Pamekasan belum banyak mengubah keadaan. Disebabkan karena terjadinya sistem dikotomi pendidikan, di sebabkan pelajaran umum yang menomorduakan PAI, sehingga guru agama kehilangan nyali untuk terus mengembangkan strategi PAI, kalaupun terkadang potensi itu ada. Dalam pembelajaran sehingga anak didik jelas dengan mata pelajaran yang dianggap menoton dan tidak menoton sehingga mengakibatkan tidak berhasilnya sebuah pembelajaran. Jadi perlu adanya suatu bentuk strategi yang handal, supaya pelajaran PAI di sekolah umum menarik minat siswa. Berbicara mengenai pelaksanaan pembelajaran PAI di sekolah umum itu tentunya tidak cukup dengan satu pembelajaran, harus ada tidak lanjut dan harmonisasi hubungan antara guru agama dengan guru umum serta masyarakat setempat.
Metode penelitian yang di gunakan dalam peneliti ini adalah metode penelitian kualitatif. Dilihat dari jenisnya, penelitian ini merupakan penelitian pelaksanaan pembelajaran PAI, karena penelitian ini dilakukan secara intensif, terinci dan mendasar tentang suatu sekolah, dimana peneliti mengambil ”pelaksanaan pembelajaran PAI di SDN Larangan Luar II Larangan Pamekasan”. data-data yang terkumpul di peroleh dengan menggunakan beberapa metode pengumpulan data, yaitu: (1) metode wawancara (2) metode dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dan terkumpul dari kegiatan lapangan dan analisis secara kualitatif dengan teknik pengelompokan data, selanjutnya diambil kesimpulan. Usaha pengelompokan data sampai pengambilan kesimpulan ini dilakukan dengan meringkas data pada penelitian ini menggunakan deskriftif analisis yaitu dengan cara memadukan yang jitu data-data dengan berfikir deduksi dan induksi untuk mengambil kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SDN Larangan Luar II Larangan Pamekasan konsen pada pelaksanaan pembelajaran PAI. Terbukti dengan berbagai upaya yang dilakukan demi berhasinya strategi guru dalam peningkatan pelaksanaan pembelajaran PAI di sekolahan umum secara makro. Strategi di SDN Larangan Luar II Larangan Pamekasan tersebut melakukan strategi-strategi khusus yang jitu antara lain: penyampaian pelajaran PAI secara integral, hal ini dilakukan untuk mempermuda siswa dalam memahami pelajaran PAI. Mengadakan latihan-latihan berupa kegiatan ekstra kurikuler dalam bentuk kerohanian dan keagamaan untuk semua kelas antara kelas 1,2, 3, 4, 5 dan 6. mengadakan evaluasi bersama setelah pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam.
Tidak tersedia versi lain