Text
STRATEGI REKRUTMEN CALON TENAGA PENDIDIK PROFESIONAL DI MTs BUSTANUL ULUM SAMPANG
Afifur Rahman, 2018, Strategi Rekrutmen Calon Tenaga Pendidik Profesional di MTs Bustanul Ulum Sampang, Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dr. H. Saiful Hadi, M. Pd
Kata Kunci: Strategi, Rekrutmen, Calon Tenaga Pendidik Profesional
Strategi rekrutmen calon tenaga pendidik profesional merupakan suatu cara yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk menarik sejumlah calon guru yang kompeten dan memiliki keahlian, kemahiran, serta kecakapan melalui proses persyaratan dan kompetensi khusus sesuai dengan ketentuan lembaga masing-masing. Jadi kepala sekolah mempunyai peran penting untuk mencari tenaga pendidik yang profesional, mampu bertanggung jawab dengan tugasnya, serta bisa mengemban amanah yang diberikan oleh lembaga.
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu : (1)strategi rekrutmen calon tenaga pendidik profesional di MTs Bustanul Ulum Sampang, (2) faktor yang mempengaruhi kelancaran dalam strategi rekrutmen calon tenaga pendidik profesional di MTs Bustanul Ulum Sampang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan strategi rekrutmen calon tenaga pendidik profesional di MTs Bustanul Ulum Sampang, (2) untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kelancaran dalam strategi rekrutmen calon tenaga pendidik profesional di MTs Bustanul UlumSampang.
Metode penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Menggunakan pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dan dianalisis secara kualitatif, maka data diolah dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan informanya adalah Ketua Yayasan, Kepala Madrasah, Anggota tim rekrutmen, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Waka Humas, dan (KTU) Ketua Tata Usaha.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi rekrutmen calon tenaga pendidik profesional di MTs Bustanul Ulum Sampang menggunakan fungsi manajemen, di antaranya adalah (a) Planning, menganalisis jabatan yang kosong atau jabatan yang dibutuhkan oleh lembaga, (b) Actuating, melakukan kegiatan dengan menyebarkan pengumuman perekrutan melalui berbagai media online maupun offline, (c) Controlling,orang-orang yang terlibat dalam proses pengawasan yaitu: anggota tim rekrutmen, kepala madrasah, serta yayasan, (d)Evaluating, penilaian akhir dari seluruh program yang telah dilaksanakan. (2)faktor yang mempengaruhi kelancaran dalam strategi rekrutmen calon tenaga pendidik profesional di MTsBustanul Ulum Sampang adalah tes wawancara, dan beberapa butir pertanyaan yang sama, misalnya dua pelamar yang pertanyaannya diajukan sama seperti pelamar sebelumnya, sehingga pelamar-pelamar lainnya menjadi gampang menjawab tes wawancara karena banyaknya butir pertanyaannya yang sama.
Tidak tersedia versi lain