Text
IMPLEMENTASI METODE MURAJA’AH DALAM MENGHAFAL AL-QURAN DI MI SUMBER PAYUNG TLAMBAH KARANG PENANG SAMPANG
Abd Aziz, 2018, Implementasi Muraja’ah dalam Mengahafal Al-Quran di MI Sumber Payung Tlamah Karang Penang Sampang, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Madura, Dosen Pembimbing: Moh. Hafid Effendy, M.Pd.
Kata Kunci: Guru Fiqih dan Motivasi Belajar.
Di sisi lain, pendidik harus mempunyai kompetensi-kompetensi wajib dalam diri masing-masing pendidik. Kompetensi ini berpengaruh penting terhadap peningkatan motivasi peserta didik dalam belajar. Selain kompetensi- kompetensi wajib, guru diharapkan mampu berinovasi dan berkarya untuk membangun kegiatan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permaslahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana Metode Muraja’ah dalam Menghafal Al-Quran di MI Sumber Payung Tlamah Karang Penang Sampang; kedua, Bagaimana strategi guru Al-Quran membimbing siswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa; ketiga, Apa sajakah faktor pendukung dan penghambat guru Al-Quran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru Al-Quran dan guru kelas. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan dilakukan melalui perpanjangan kehadiran peneliti, observasi yang diperdalam, triangulasi dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, upaya guru Al-Quran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Sumber Payung Tlamah Karang Penang Sampang adalah dengan menerapkan berbagai metode seperti: ceramah, tanya jawab, diskusi, presentasi, peta konsep (mind mapping), drill, menghafal cepat. Kemudian variasi metode dilaksanakan dengan teknik pembelajaran make a macth, card short, talking stick, snowball throwing. kedua, strategi guru Al-Quran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Sumber Payung Tlamah Karang Penang Sampang lebih mengoptimalkan penggunaan media visual (peta konsep untuk membantu metode main mapping, dan media cetak seperti buku paket dan LKS) dan audiovisual (film dan video); ketiga, Faktor pendorong kreativitas di MI Sumber Payung Tlamah Karang Penang Sampang adalah: 1) dorongan dari dalam pribadi guru sebagai bentuk tanggung jawab profesi, 2) keinginan guru untuk meningkatkan pengetahuan siswa, 3) semangat anak dalam belajar, 4) kebijakan madrasah berupa pelatihan untuk guru, 5) Sarana dan prasarana. Faktor penghambat kretivitas adalah: 1) Lemahnya rasa bertanggung jawab dalam diri guru 2) Masalah yang ada pada diri guru diluar pembelajaran, 3) Kemampuan siswa dalam menerima cara mengajar guru dengan metode atau media tertentu yang telah direncanakan.
Tidak tersedia versi lain