Text
PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MA’ARIF 2 PAMEKASAN
Octavia Fauziyatur Rahmawati, 2018. Pengaruh Motivasi terhadap Prestasi Belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Ma’arif 2 Pamekasan, Skrpsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah IAIN Madura, Pembimbing: Fathol Haliq, M. Si
Kata Kunci: Motivasi, Prestasi Belajar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang malas belajar dan tidak bersemangat dan mengalami penurunan nilai dalam kegiatan pembelajaran di sekolah sehingga siswa perlu perhatian dan motivasi dari orang-orang disekitar. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama, adakah pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VIII di SMP Ma’arif 2 Pamekasan. Kedua, seberapa besar pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP Ma’arif 2 Pamekasan.
Pendekatan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Kolerasi. Sedangkan teknik Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan rumus yang digunakan adalah Product Moment dan instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket, pedoman observasi dan pedoman dokumentasi. Adapun penyebaran angket dilakukan dalam penelitian ini pada tanggal 01-02 April 2018 jam 10.30, observasi dilakukan tanggal05 April 2018 pada jam 10.29, dan dokumentasi dilakukan sejak tanggal 01-06 April 2018. Untuk menganalisis data yang diperoleh dari penelitian ini dilakukan sejak tanggal 02-16 April 2018.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama ada pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VIII di SMP Ma’arif 2 Pamekasan, hal ini dibuktikan dengan nilai hasil data statistik yang menunjukkan bahwa, ”r” kerja yakni 0,590 lebih besar dari “r” tabel product moment dimana N=42 dan interval kepercayaan 95% dengan nilai sebesar 0,304 serta interval 99% dengan nilai 0,393, maka dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh antara variabel X terhadap Variabel Y. Dengan demikian hipotesis kerja yang digunakan penulius menyatakan ada pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VIII di SMP Ma’arif 2 Pamekasan “diterima”. Kedua besar pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VIII di SMP Ma’arif 2 Pamekasan adalah Cukup. Hal ini dibuktikan dengan analisis data statistik menunjukkan bahwa “r” kerja yakni 0,590 berada pada interval koefisien 0.40-0.70.
Tidak tersedia versi lain