Text
KONTRIBUSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SISWA DI RA. NURUL HIDAYAH BULANGAN HAJI PEGANTENAN PAMEKASAN
Baitiyah, 2018. Kontribusi Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Kepribadian Siswa Di RA. Nurul Hidayah Bulangan Haji Pegantenan Pamekasan Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah. Istitut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Pembimbing: Dr. Buna’i, S.Ag, M.Ag.
Kata Kunci : Kontribusi Pendidikan Agama Islam, Kepribadian.
Tujuan Pendidikan Agama Islam atau pendidikan Islam pada umumnya. Suatu tujuan sering kali tidak konsisten dengan tujuan pembelajaran pada setiap aspek perkembangan. Tujuan aspek perkembangan lebih terfokus pada pemahaman, penjelasan, pencarian dan penemuan. Sementara tujuan ketakwaan dan kesalehan seringkali tidak tampak pada rumusan tujuan pembelajaran pada setiap aspek perkembangan. Tujuan PAI di sekolah/madrasah adalah dalam upaya pembentukan moral dan ahlak serta membangkitkan sikap religius peserta didik. Masyarakat menilai peran dan fungsi pendidikan agama Islam di RA/TK dipandang kurang memberikan kontribusi kearah tersebut, bahkan yang lebih memojokkan lagi bahwa pendidikan agama Islam dipandang belum berhasil mencapai tujuan pendidikan agama Islam yang diharapkan, terbukti dengan banyaknya kasus kenakalan anak dengan berbagai bentuk. Akibatnya peran serta efektifitas Pendidikan Agama Islam di RA/TK dipertanyakan, dengan pemahaman jikalau pendidikan keagamaan di RA/TK dilaksanakan dengan baik, maka kehidupan masyarakatpun akan lebih baik.
Lembaga pendidikan yang dijadikan obyek penelitian skripsi oleh penulis sekaligus penelitian ini adalah RA Nurul Hidayah Bulangan Haji Pegantenan Pamekasan, dalam fokus penelitian, 1). Bagaimana isi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di RA Nurul Hidayah Bulangan Haji Pegantenan Pamekasan ? 2). Bagaimana peran guru pendidikan agama islam dalam pembentukan kepribadian siswa di RA Nurul Hidayah Bulangan Haji Pegantenan Pamekasan? 2). Bagaimana kontribusi pendidikan agama islam terhadap siswa di RA Nurul Hidayah Bulangan Haji Pegantenan Pamekasan?
Sehubungan dengan penelitian tersebut, maka untuk memperoleh data skripsi ini menggunakan tehnik pengumpulan data yang meliputi metode observasi, metode interview, dan metode dokumentasi. Setelah data terkumpul dianalisa secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan 1). Nilai yang terkandung dalam pembentukan kepribadian siswa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan yang maha Esa, menambah pengetahuan dan keterampilan keagamaan, menjadikan hidup selaras, serasi dan seimbang antara aspek jasmani dan rohani berdasarkan pada nilai-nilai ajaran Agama Islam yang terkandung dalam Al-Qur’an dan hadits, mempersiapkan siswa hidup bermasyarakat dengan melaksanakan kegiatan ekstra kulikuler seperti mengaji, shalat berjemaah serta kegiatan yang lainnya yang diharapkan akan menambah pengetahuan dan keterampilam anak dalam menjalankan kewajibannya terhadap agama. Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam juga tidak terlepas dari kebijakan kepala sekolah serta kegiatan keagamaan yang diupayakan oleh guru Pendidikan Agama Islam, baik didalam kelas maupun diluar kelas.
Tidak tersedia versi lain